PENGEMBANGAN BUKU SISWA DENGAN PENDEKATAN TERPADU STEM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KALOR

Ghitha Azmi Arinillah, Abdurrahman Abdurrahman, Undang Rosidin

Abstract


Students book through an integrated approach STEM based guided inquiry were needed to enhance the quality of learning physics material. The purpose of this study was to produce a students book with an integrated approach to STEM-based guided inquiry on the material of heat, describe the attractiveness, convenience, and the benefits of the product. This study used research method and development which were consisted of analysis of necessity, identification of resource, identification of product spesification, product development, internal test, external test, effectivity test, and production. The result of the study showed that the students book development was interesting, very useful in learning process, and effective to be used as a learning material because 83.3% students passed minimum standard of value (KKM).

Buku siswa dengan pendekatan terpadu STEM berbasis inkuiri terbimbing sangat dibutuhkan untuk meningkatkan mutu atau kualitas pembelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku siswa dengan pendekatan terpadu STEM berbasis inkuiri terbimbing pada materi kalor, mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan, dan keefektifan produk. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan yang meliputi analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji internal, uji eksternal, uji efektifitas, dan produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku siswa yang dikembangkan menarik untuk digunakan, mudah untuk digunakan, sangat bermanfaat dalam pembelajaran, dan produk pengembangan efektif digunakan sebagai bahan ajar yang ditunjukkan oleh ketuntasan belajar siswa sebanyak 83,3% memenuhi KKM.

Kata Kunci: buku siswa, inkuiri terbimbing, kalor, STEM, pengembangan.



References


Breiner, J.M., Johnson, C.C., Harkness, S.S., & Koehler, C.M. 2012. What Is STEM? A discussion about conceptions of STEM in education and partnerships. School Science and Mathematics, 11, 3-11.

California Departement of Education. 2015. Science, Technology, Engineering, and Mathematics. (Online), (http://www.cde.ca.gov/pd/ca/sc/stemintrod.asp), diakses pada 18 Desember 2015.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ibrahim, Muslimin. 2010. Fenomena Fisika: model Pembelajaran Inkuiri. (Online). (http://fisika21.wordpress.com), diakses pada 29 November 2015.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No 65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Nahel, Bintu. 2012. Pengertian Buku Siswa. (Online). (http://id.shvo ong.com/socialsciences/education/2251813-pengertian-buku-siswa/), diunduh pada tanggal 12 Oktober 2015.

Roestiyah, N. K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rustaman, N. Y. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.

Sanjaya,Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Unila.

Wang, H., Moore, T.J., Roehrig, G.H., Park, M. 2011. STEM Integration: Teacher Perceptions and Practice. Journal of Pre-Collage Engineering Education Research , 1(2), 1-13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.