PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN BUKU SISWA BNKKL DENGAN BUKU KONVENSIONAL

Rika Mutiara, Undang Rosidin, Wayan Suana

Abstract


The purpose of this research was to investigate the differences of average learning outcomes (cognitive, affective and psychomotor) of students between using the BNKKL student book and the conventional student book through guided inquiry model. The research design used The Static Group Comparison. Based on the data analysis through Independent Sample T-Test and Mann-Whitney, there were the differences of cognitive, affective and psychomotor student between using the BNKKL student book and the conventional student book. The comparison of average learning outcomes between using the BNKKL student book and the conventional student book for each aspects are 2.80:2.60 (cognitive), 3.40:2.72 (affective) and 3.40:3.20 (psychomotor). It showed that the average study of cognitive, affective and psychomotor the BNKKL student book is higher than the conventional student book.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar (kognitif, afektif dan psikomotor) siswa antara menggunakan buku siswa BNKKL dengan buku siswa konvensional melalui model inkuiri terbimbing. Desain penelitian ini menggunakan The Static Group Comparison. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Tets dan uji Mann-Whitney bahwa terdapat perbedaan kognitif, afektif dan psikomotor siswa menggunakan buku siswa BNKKL dengan buku siswa konvensional. Perbandingan rata-rata hasil belajar yang menggunakan buku siswa BNKKL dengan buku siswa konvensional untuk masing-masing ranah yaitu; 2,80 : 2,60 (kognitif), 3,40 : 2,72 (afektif) dan 3,40 : 3,20 (psikomotor). Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor menggunakan buku siswa BNKKL lebih tinggi dibandingkan buku siswa konvensional.

Kata kunci: buku siswa BNKKL, buku siswa konvensional, hasil belajar, inkuiri terbimbing.


Full Text:

PDF

References


Afrizon, Renol, Ratnawulan, Fauzi. 2012. Peningkatan Perilaku Berkarakter dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTsN Model Padang pada Mata Pelajaran IPA Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. Vol. 1, 7-9.

Anggreini. 2013. Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Fisika Bermuatan Nilai-nilai Karakter Pada Konsep Listrik Dinamis Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pillar Of Physics Education. Vol. 5, 41-48.

Ilmiwan, Bahril. 2013. Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Bermuatan Nilai-nilai Karakter Dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pillar Of Physics Education. Vol. 2, 153 160.

Maulita, Shela. 2014. Pengembangan Buku Siswa Dalam Pembelajaran Sains Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan Terhadap Lingkungan Materi Kalor dan Perpindahannya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. Vol.2, 127-138.

Naim, Ngainun. 2012. Character Building, Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ristanto, R. H. 2010. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Multimedia dan Lingkungan Riil Ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Awal. Tesis (Tidak Diterbitkan). Surakarta: UNS.

Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Remaja.

Sugiyono. 2010. Prosedur Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yunestika, Nadya. 2015. Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Berbasis Karakter Melalui Model Pembelajaran Contructive Controversy Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pillar Of Physics Education. Vol. 5, 25 32.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.