PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LCDS PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI

Alitta Cahyani, I Dewa Putu Nyeneng, Eko Suyanto

Abstract


The aims of this research and development were to build learning module using Learning Content Development System (LCDS) program and describe the interest, easiness, usefulness, and the effectiveness of LCDS learning module to succeed the students achievement in cognitive aspect of Newtons laws in gravity. The development of LCDS learning module was based on the research measures and developments according to Sugiyono which are: the potential and problem, collecting information, product design, product validation, design revision, product test, product revision, application test, product revision, and production. The result of the application test which was conducted to 34 students in ten grade of SMA Negeri 16 Bandar Lampung in academic year 2015/2016 showed that the quality of LCDS learning module are interesting, easy, very useful, and effective to be used as a learning substance because 85.29% students passed the passing grade.

Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran menggunakan program Learning Content Development System (LCDS) dan mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan, serta keefektifan modul pembelajaran LCDS untuk menuntaskan hasil belajar siswa dalam ranah kognitif pada materi Hukum Newton tentang gravitasi. Pengembangan modul pembelajaran LCDS berpedoman pada langkah-langkah penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono yang meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi produk, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk, dan produksi. Hasil ujicoba pemakaian yang dilakukan terhadap 34 siswa kelas X SMA Negeri 16 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 menunjukkan kualitas modul pembelajaran LCDS menarik, mudah, sangat bermanfaat, dan efektif sebagai bahan ajar karena sebanyak 85,29% siswa tuntas KKM.

Kata kunci: hukum Newton tentang gravitasi, modul menggunakan LCDS, pengembangan



Full Text:

PDF

References


Kurniawan, Deny. 2015 Pengembangan Modul Interaktif Menggunakan Learning Content Development System pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol 3 (6): 8.

Ramadhan, Dian Sahri. 2014. Pengembangan Modul Interaktif Berbasis ICT Materi Pokok Gelombang dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol 2 (3): 68.

Rijal, Bait Syaiful. 2014. Pengembangan Modul Elektronik Perakitan dan Instalasi Komputer Sebagai Sumber Belajar untuk Kelas X Smk Piri 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta (Tidak Diterbitkan).

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprawoto, N.A. 2009. Mengembangkan Bahan Ajar dengan Menyusun Modul. (Online), (http://www.scribd.com/doc/16554502/Mengembangkan-Bahan-Ajar-dengan-Menyusun-Modul.), diakses 17 Oktober 2015.

Supriyadi. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu.

Susilawati, Nur Khori. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Bermuatan Lifeskill untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol XVIII (54): 87. ISSN: 1410-2994.

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Unila.

Taufani, Dani Rusda dan Iqbal, Mohamad. 2011. Membuat Konten E-learning dengan Microsoft Learning Content Development System (LCDS). Bandung: Universitas Komputer Indonesia.

Trisnaningsih. 2007. Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Mata Kuliah Demografi Teknik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Vol 4 (2): 3.

Yendri, Dodon. 2012. Blended Learning: Model Pembelajaran Kombinasi E-Learning dalam Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 3 (5): 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.