IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR NEGERI 1 GISTING BAWAH
Abstract
This study aimed to described and analyzed: (1) Curriculum and Learning Management; (2) Learners Management; (3) Teachers and EducationPersonnel Management; (4) Infrastructures Management; (5) Financing Management; (6) PublicRelations Management; (7) Culture and Environment in SDN 1 Under Gisting. The research method used descriptive qualitative approach that is based on the theory of phenomenology. Research data were collected by interview, documentation, and observation. Results of this research were: 1) Curriculum and Learning Management in First State Elementary SchoolSub-Gisting implemented using management functions POAC. 2) Learners Managementis already running well. 3) Teachers and EducationPersonnel Management has been carried out either by the management function. 4) Infrastructures Management is still not in accordance with the management. 5) Financing Management managed accountability and transparency. 6) PublicRelations Management contained in the committee's role has been going well. 7) Culture and Environment Management in line with expectations.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis:(1) Manajemen kurikulum dan pembelajaran; (2) Manajemen peserta didik; (3) Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan; (4) manajemen sarana prasarana; (5) Manajemen pembiayaan; (6) Manajemenhumas; (7) Manajemen budaya dan lingkungan di SDN 1 Gisting Bawah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang didasari teori fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi.Hasil penelitian iniantara lain: 1) Manajemen kurikulum dan pembelajaran di SD N1 Gisting Bawah dilaksanakan dengan menggunakan fungsi manajemen POAC. 2) Manajemen peserta didik sudah berjalan dengan baik. 3) Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan sudah dilaksanakan baik berdasarkan fungsi manajemen. 4) Manajemen Sarana prasarana masih belum sesuai dengan pengelolaan. 5) Manajemen Pembiayaan dikelola secara akuntabilitas dan transparan. 6) Manajemen humas yang diwadahi dalam peran komite sudah berjalan dengan baik. 7) Manajemen budaya dan lingkungan berjalan sesuai dengan harapan.
Kata kunci: implementasi, manajemen pendidikan, sekolah dasar
Full Text:
PDFReferences
Ambarita, A. 2013. Kepemimpinan Kepala. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Burhanuddin. 2013. Manajemen Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Engkoswara. 2002. Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Moleong, L.J. 2013. Metodelogi Penelitiaan Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2006. Menjadi kepala Profesional. Bandung: PT Remaja Rodakarya..
Nata, A. 2008. Manajemen Pendidikan Mengatasi kelemahan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: kencana.
Suparlan. 2013. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Penerbit Bumi Aksara.
Sugiyono. 2012. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Cet Ke-8. Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.