MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT

Agusmanto Agusmanto, Sowiyah Sowiyah, Supomo Kandar

Abstract


This study aimed to analyze and describe: (1) the school needs; (2) programming; (3) the division of executive tasks; (4) implementation of public relations activities; and (5) monitoring evaluation of the school relations with the community at SDN 1 Soponyono. This study used a qualitative design of phenomenology, which is based on field observation, documentation and interview. The results of the study were: (1) analysis of school needs was in accordance with the procedures;(2) The programs have detailed goals and objectives, action taken, as well as the time and cost needed; (3) The division of tasks execution ran in accordance with the procedure of what things were done, the division of labor, and mechanisms of harmony with each other; (4) The activities implementation ran according to procedure, the direction of the synergy of coordination, motivation, communication and to provide guidance / coaching; (5) Monitoring and evaluation of the school needs in improving the quality of learning needed to be improved.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: (1) kebutuhan sekolah; (2) pemrograman; (3) pembagian tugas eksekutif; (4) pelaksanaan kegiatan hubungan masyarakat; dan (5) evaluasi pemantauan hubungan sekolah dengan masyarakat di SDN 1 Soponyono. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif fenomenologi, yang didasarkan pada observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) analisis kebutuhan sekolah sesuai dengan prosedur; (2) Program yang rinci tujuan dan sasaran, tindakan yang diambil, serta waktu dan biaya yang dibutuhkan; (3) Pembagian tugas eksekusi berlari sesuai dengan prosedur apa hal-hal yang dilakukan, pembagian kerja, dan mekanisme harmoni dengan satu sama lain; (4) Pelaksanaan kegiatan berjalan sesuai prosedur, arah sinergi koordinasi, motivasi, komunikasi dan untuk memberikan bimbingan / pembinaan; (5) Monitoring dan evaluasi kebutuhan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran perlu ditingkatkan.

Kata kunci: manajemen hubungan masyarakat, manajemen sekolah, masyarakat


Full Text:

PDF

References


Ambarita, A. 2013. Kepemimpinan Kepala sekolah. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Bungin, B.2010. Analisis Data Penelitian kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2013. Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: PT.Renika Cipta.

Miles, BM., & Huberman, A.M. 1992. Analisis dan Kualitatif. Penerjemah Rohadi, R. T. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, L.J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rifai dan Mamusung, J. 1998.Hubungan Sekolah dan Masyarakat. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Rohiat. 2012. Manajemen Sekolah (Teori Dasar dan Praktik). Bandung: Refika Aditama.

Ruslan, R. 1998. Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi, Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2010.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.