HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH, DAN SUMBER BELAJAR DENGAN MUTU PEMBELAJARAN

Anggun Anggun, Irawan Suntoro, Sumadi Sumadi

Abstract


This study aimed to determine the relationship between: (1) Principals leadership with the quality of teaching, (2) the school culture with the quality of learning, (3) Learning resources with the quality of learning, (4) the school culture, principals leadership and learning resources together with quality of learning. This is a quantitative research. The method used ex post facto. Collecting data use questionnaires and data analysis. Based on the study, it concluded that: (1) Principals leadership was positively and significantly related to the quality of teacher learning at 5.34, (2) school culture positively and significantly related to the quality of teacher learning at 5.34, (3) Learning resources were positively related and significantly to the quality of learning for teachers 7,37 and (4) Leadership principals, school culture and learning resources were related positively and significantly with the quality of teaching large double correlation values obtained 0.058.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: (1) kepemimpinan kepala sekolah dengan kualitas pengajaran, (2) budaya sekolah dengan kualitas pembelajaran, (3) sumber belajar dengan kualitas pembelajaran, (4) budaya sekolah, kepemimpinan kepala sekolah dan sumber belajar bersama-sama dengan kualitas pembelajaran. Ini adalah Penelitian Kuantitatif. Metode yang digunakan ex post facto. Mengumpulkan data menggunakan kuesioner dan analisis data. Berdasarkan penelitian menyimpulkan bahwa: (1) kepala sekolah Kepemimpinan positif dan signifikan terkait dengan kualitas guru belajar di 5,34; (2) budaya sekolah positif dan signifikan terkait dengan kualitas guru belajar di 5,34; (3) sumber belajar yang positif terkait dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran bagi guru dan 7,37; (4) kepala sekolah Kepemimpinan, budaya sekolah dan sumber belajar yang terkait positif dan signifikan dengan kualitas pengajaran besar nilai korelasi ganda diperoleh 0.058.

Kata kunci: budaya sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, mutu pembelajaran, sumber belajar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Amirullah. 2004. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Daryanto. 2011. Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Karwati dan Donni. 2013. Kinerja Profesionalisme Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Peraturan Menteri Republik Indonesia No. 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK-MAK+Lampiran.

Riduwan. 2010. Metodologi dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Syaodih, Nana, 2012. Kurikulum & Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Aditama.

Zamroni. 2011. Dinamika Peningkatan Mutu, Yogyakarta: Gavin Kalam Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.