PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Hadi Kuncoro, Irawan Suntoro, Supomo Kandar

Abstract


This study aimed to describe the principal roles in implementing 2013 Curriculum, with the following sub-focus: the principal roles as an educator, as a supervisor, as a manager, as a facilitator, and constraints in implementing 2013 Curriculum. This study was conducted in Public Junior High School (SMPN) 1 Gisting in Tanggamus District, using descriptive qualitative approach with phenomenological method. The data were then analyzed and presented in the form of narrative description. Analyzed was based on the results of interviews, observation and documentation of the facts and events. Results of this study are: (1) the role of the principal as an educator in implementing 2013 Curriculum, (2) the role of the principal as a supervisor in implementing 2013 Curriculum, (3) the role of the principal as a manager in implementing 2013 Curriculum, (4) the role of the principal as a facilitator in implementing 2013 Curriculum, and (5) constraints in implementing 2013 Curriculum comprised two factors: teachers and availability of supporting materials.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran utama dalam melaksanakan Kurikulum 2013, dengan mengikuti sub-fokus: peran utama sebagai pendidik, sebagai pengawas, sebagai manajer, sebagai fasilitator, dan kendala dalam melaksanakan Kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri (SMPN) 1 Gisting di Kabupaten Tanggamus, menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode fenomenologis. Data kemudian dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskripsi narasi. Analisis berdasarkan wawancara, observasi dan dokumentasi fakta dan peristiwa. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) peran kepala sekolah sebagai pendidik dalam melaksanakan Kurikulum 2013, (2) peran kepala sekolah sebagai pengawas dalam melaksanakan Kurikulum 2013, (3) peran kepala sekolah sebagai manajer dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013, (4) peran kepala sekolah sebagai fasilitator dalam melaksanakan Kurikulum 2013, dan (5) kendala dalam melaksanakan Kurikulum 2013 terdiri dari dua faktor: guru dan ketersediaan bahan pendukung.

Kata kunci: implementasi, kurikulum 2013, peran kepala sekolah


Full Text:

PDF

References


Anwar, Idochi Yayat dan Yayat Hidayat Amir. 2000. Administrasi Pendidikan; Teori,konsep dan issu. Program Pasca Sarjana. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti kualitatif. Bandung: Pustaka Setia

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Kemendikbud. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik (ppt). Disajikan dalam Pelatihan Kurikulum 2013. IKIP PGRI Semarang, 30 Juli 2013.

Mulyasa. E. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurcholis. 2003. Manajemen berbasis sekolah: teori, model, dan aplikasi. Jakarta: Grasindo

Purwanto, Ngalim. 2007. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wahjosumidjo. 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoretik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.