MANAJEMEN KESISWAAN DI MTs DARUL A`MAL METRO

Rizda Nirmala Sari, Alben Ambarita, Sowiyah Sowiyah

Abstract


This study aims to analyze and describe the planning of student, student organization, implementation of student, student supervision, supporting factors and obstacles in the implementation of student activities at MTs Darul A`mal Metro. This study used a qualitative approach with a single case study design in MTs Darul A`mal Metro. Data was collected through interviews, documentation and observation. The results showed that: (1) student planning done by the beginning of the meeting, (2) student organizing is done by grouping the students into classes based on academic ability and authorized the class teacher to develop it, (3) the implementation of student started with the coaching and development of learners, (4) monitoring is done by the principals by monitoring student activities directly, (5) supporting factors in the implementation of student activities is religious instruction, good quality human resources as 90% of teachers have Bachelor degree, accreditation status B.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan perencanaan mahasiswa, organisasi mahasiswa, pelaksanaan siswa, pengawasan siswa, faktor dan kendala yang mendukung dalam pelaksanaan kegiatan mahasiswa di MTs Darul A`mal Metro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus tunggal di MTs Darul A`mal Metro. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan siswa dilakukan pada awal pertemuan, (2) pengorganisasian siswa dilakukan dengan mengelompokkan siswa ke dalam kelas berdasarkan kemampuan akademik dan resmi guru kelas untuk mengembangkannya, (3) pelaksanaan mahasiswa dimulai dengan pembinaan dan pengembangan peserta didik, (4) monitoring dilakukan kepala sekolah dengan memantau kegiatan siswa secara langsung, (5) faktor pendukung dalam pelaksanaan kegiatan siswa adalah pelajaran agama, kualitas sumber daya manusia yang baik 90% dari guru memiliki gelar Sarjana, dan Status akreditasi B.

Kata kunci: pelaksanaan, pengawasan, pengorganisasian, perencanaan

Full Text:

PDF

References


Ambarita, Alben. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedure Penelitian:Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Harsanto. 2007. Pengelolaan Kelas yang Dinamis. Yokyakarta: Kanisius

Koesoema, Doni. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: PT. Raja Grasindo.

Mantja, W. 2007. Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Malang: Elang Emas

Moleong, Lexy. J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muhaimin. 2008. Manajemen Pendidikan:Aplikasinya Dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Malang: Elang Emas

Mulyono, 2008. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Nasihin, S dan Sururi. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sagala, Syaiful. 2009. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Satori, D. dan Komariah, A. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitat dan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta

Suryosobroto. 2004. Dimensi Dimensi Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta

Tim Dosen Administrasi Pendidikan. 2011. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

UndangUndang RI No. 20 Tahun 2013. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Yin, Robert, K. 2011. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.