HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI, DISIPLIN KERJA, DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DENGAN KINERJA GURU

Ani Minarni, Alben Ambarita, Sulton Djasmi

Abstract


The purpose of this research is to describe and analyze the relation between: 1) achievement motivation with teachers performance, 2) work discipline with teachers performance, 3) pedagogic competence with teachers performance also 4) achievement motivation, work discipline, pedagogic competence simultaneously with teachers performance. The kind of this research is quantitative by using method of ex post facto. Data are obtained from questionnaire and documentation, then analyzed by used correlational technique and regression both simple and double. The results of this research are: 1) there is positive relation between achievement motivation with teachers performance, 2) there is positive relation between work discipline with teachers performance, 3) there is positive relation between pedagogic competence with teachers performance, also 4) there is positive relation between achievement motivation, work discipline and pedagogic competence with teachers performance, it means that getting better achievement motivation, work discipline and pedagogic competence of teachers, the teachers performance will be better too.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan antara: 1) motivasi berprestasi dengan kinerja guru, 2) disiplin kerja dengan kinerja guru, 3) kompetensi pedagogik dengan kinerja guru juga 4) motivasi berprestasi, disiplin kerja, kompetensi pedagogik bersamaan dengan kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Data diperoleh dari kuesioner dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik korelasional dan regresi sederhana dan ganda. Hasil penelitian ini adalah: 1) ada hubungan yang positif antara motivasi berprestasi dengan kinerja guru, 2) ada hubungan positif antara disiplin kerja dengan kinerja guru, 3) ada hubungan positif antara kompetensi pedagogik dengan kinerja guru, 4) ada hubungan positif antara motivasi berprestasi, disiplin kerja dan kompetensi pedagogik dengan kinerja guru, berarti mendapatkan motivasi berprestasi yang baik, disiplin kerja dan kompetensi pedagogik guru, kinerja guru akan lebih baik.

Kata kunci: disiplin kerja, kinerja guru, kompetensi pedagogik, motivasi berprestasi


Full Text:

PDF

References


Hasibuan, Malayu. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bina Aksara.

Hidayat, Jakoeb. 1999. Motivasi Kerja. Jakarta: Universitas Terbuka.

Koentjaraningrat. 1996. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: LP3ES.

Sadulloh, Uyoh. 2010. Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali.

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Azfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2008. Prosedur penelitian, Suatu Pendekatan politik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutisna, Oteng. 2000. Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Syarief, Amerudin. 2004. Pembinaan Pegawai Negeri Sipil. Jakarta: Depdiknas.

Thoha, Miftah. 2009. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jogjakarta: Fisipol UGM.

Usman. 2009. Peranan Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: Grafika Offset.

Zainun. 2010. Kemendiknas Lansir 500 Guru Malas. http://www.news.okezone. com. Diakses tanggal 20 Desember 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.