PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA GURU
Abstract
The purpose of this research is to know: 1) There is a positive and significant influence of the he principal transformational leadership toward the teacher performance, 2) There is a positive and significant influence of interpersonal communication toward the teacher performance, 3) There is a positive and significant influence jointly between transformational leadership and interpersonal communication toward the teacher performance. This research is quantitative research with survey method. The research data were taken using a Likert Scale, then analyzed using descriptive statistics and interventional statistics. The research results give the conclusions that: 1) there is a positive and significant influence of principal transformational leadership toward the teachers performance in 73.3%, 2) there is a positive and significant influence of interpersonal communication toward the teachers performance in 79.3%, 3) there is a positive and significant influence jointly between transformational leadership and interpersonal communication toward the teacher performance in 79.7%.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Ada pengaruh positif dan signifikan dari kepemimpinan transformasional kepala sekolah dia terhadap kinerja guru, 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari komunikasi antarpribadi terhadap kinerja guru, 3) Ada pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara kepemimpinan transformasional dan komunikasi antarpribadi terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Data penelitian diambil dengan menggunakan Skala Likert, kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik diskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru di 73.3%, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan dari komunikasi antarpribadi terhadap kinerja guru di 79.3%, 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara kepemimpinan transformasional dan komunikasi antarpribadi terhadap kinerja guru 79.7%.
Kata kunci: kepemimpinan transformasional, kinerja guru, komunikasi interpersonalFull Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bass, B.M.1998. Improving Organizational Effectiveness through Transformational Leadership. Sage: Thousand Oaks.
Danim, Sudarwan dan Suparno. 2005. Manajemen KepemimpinanTransformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mangkunegara, AA. Prabu. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Rosda Karya.
Mulyasa, 2004. Kinerja dan Kompetensi Guru. Bandung: PT Rineka Cipta.
Nawawi, Hadari. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis dan Kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Purwanto, et all. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Publik dan Masalah Sosial. Yogyakarta: Gava Media.
Samsudin, Sadili. 2006. Manajemen Sumber Daya. Bandung: Pustaka Setia.
Wiryanto. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo.
Yulk , Gary. 2001. Kepemimpinan dalam Organisasi, diterjemahkan oleh Budi Suprianto. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.