PENGARUH KONSEP DIRI, MOTIVASI BERPRESTASI DAN SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU
Abstract
The purpose of this research is to describe and analyze the influence between: 1) self-concept toward pedagogic competence of teachers, 2) achievement motivation toward pedagogic competence of teachers, 3) academic supervision of principal toward pedagogic competence of teachers, also 4) self-concept, achievement motivation and academic supervision of principal simultaneously toward pedagogic competence. The kind of this research is quantitative by using method of ex post facto. The results of this research are: 1) there is positive influence between self-concept toward pedagogic competence of teachers, 2) there is positive influence between achievement motivation toward pedagogic competence of teachers, 3) there is positive influence between academic supervision of principal toward pedagogic competence of teachers, also 4) there is positive influence between self-concept, achievement motivation and academic supervision of principal toward pedagogic competence of teachers.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh antara: 1) konsep diri terhadap kompetensi pedagogik guru, 2) motivasi berprestasi terhadap kompetensi pedagogik guru, 3) supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru, juga 4) konsep diri, motivasi berprestasi dan supervisi akademik kepala sekolah secara simultan terhadap kompetensi pedagogik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Hasil penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh positif antara konsep diri terhadap kompetensi pedagogik guru, 2) ada pengaruh positif antara motivasi berprestasi terhadap kompetensi pedagogik guru, 3) ada pengaruh positif antara supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru, juga 4) ada pengaruh positif antara konsep diri, motivasi berprestasi dan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru.
Kata kunci: kompetensi pedagogik, motivasi berprestasi, supervisi akademik
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2010. Peraturan Mendiknas RI No. 13 Tahun 2010 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta: Depdiknas.
Hasibuan, H. Malayu. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Sardiman, A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Uno, B. 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Winardi. 2001. Motivasi dan Pemotivasian Dalam Manajemen. Jakarta: Remaja Gravindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.