KEPEMIMPINAN MANAJERIAL KEPALA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
Abstract
The purpose of this study is to describe and analyze the managerial leadership of the head of early childhood education (PAUD) Kauman Metro Center. This study used a qualitative approach with a case study design. The technique to collect the data is through observation interviews, documentation and field studies. The results of the study are: (1) the head of aba early childhood metro centers has the ability to analyze problem, and the ability to think rationally in any act of management activities, (2) the head of Kauman aba early childhood Mtero center has been realized in performing tasks which lead teacher behavior, (3) technical leadership PAUD aba Kauman Metro, Metro Center which always conducting procedural process is used to make the technology in all activities, (4) supporting factors in the format curriculum in accordance with the child's condition.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis kepemimpinan manajerial kepala pendidikan anak usia dini (paud) Kauman Metro Pusat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik mengumpulkan data dilakukan dengan observasi wawancara, studi dokumentasi dan lapangan. Hasil penelitian antara lain: (1) kepala paud aba Metro pusat memiliki kemampuan menganalisia masalah, memiliki kemampuan untuk berpikir rasional dalam setiap tindakan tentang kegiatan manajemen. (2) kepala paud aba Kauman Metro pusat dalam menjalankan tugas telah menyadari perilaku guru yang dipimpinnya. (3) kepemimpinan teknis paud aba Kauman metro pusat kota Metro pusat yang dalam melaksanakan kegiatan selalu melakukan proses prosedural yang digunakan membuat teknologi dalam semua aktivitas. (4) faktor pendukung berbentuk kurikulum sesuai dengan kondisi anak.
Kata kunci: kepala sekolah, kepemimpinan manajerial, pendidikan anak usia dini
Full Text:
PDFReferences
Fattah, Nanang. 2004. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hamalik. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Bumi Aksara
Kadarman dan Udaya, Yusuf. 2003. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Renika Cipta
Mantja, W. 2002. Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Wineka Media
Moleong. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Moleong. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa, 2007.Manajemen & Kepemimpinan Kepala PAUD. Jakarta: PT Bumi Aksara
Owens. 1991. Organizational Behavior in Education. 4th. Ed. Boston: Allyn and Bacon
Pidarta, Made. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta
Prasojo dan Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Rivai dan Mulyadi. 2011. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers
Robbins. 2003. Perilaku Organisasi. Jakarta: Indeks
Sallis. 2011. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit IRCiSod
Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Renika Cipta
Wahjosumidjo, 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Refbacks
- There are currently no refbacks.