PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, IKLIM SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI GURU

Syamsiah Syamsiah, Alben Ambarita, Sowiyah Sowiyah

Abstract


The purpose of this study was to determine and analysis: (1) a significant and positive effect of school leadership toward achievement motivation of teachers, (2) a significant and positive effect of school climate on job performance and achievement motivation, (3 ) a significant and positive influence organizational culture on achievement motivation, (4) a significant and positive effect jointly between leadership, school climate, organizational culture on achievement motivation teachers. This research is a quantitative study with a correlation approach. The results showed that (1) there is a significant relationship between principal leadership towards the achievement motivation of teachers 54.1%, (2) there is a significant relationship between school climate on achievement motivation 75,0%, (3) there is a significant relationship between organizational culture on achievement motivation 30.5%, (4) there is a significant together relationship between principal leadership, school climate and organizational culture on achievement motivation of teachers.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan analisis: (1) Pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala  sekolah terhadap motivasi berprestasi guru, (2)  Pengaruh positif dan signifikan iklim sekolah terhadap prestasi  kerja motivasi berprestasi guru, (3)  Pengaruh positif dan signifikan budaya organisasi terhadap motivasi berprestasi guru, (4) Pengaruh positif dan signifikan  secara bersama-sama antara kepemimpinan, iklim sekolah, budaya organisasi terhadap motivasi berprestasi guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 54,1%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara iklim sekolah terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 75,0%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikafn antara budaya organisasi terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 30,5%. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah dan budaya organisasi guru terhadap motivasi berprestasi.

Kata kunci: budaya organisasi, iklim sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi


Full Text:

PDF

References


Arikunto. Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmodiwirio s., Soeranto Toto Siswanto. 1991. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Semarang: Adhiwaskita.

Creemers dan Rynolds. 1993. Budaya Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Edgar Schein. 2002. Industrial Psicology. London: Prentice Hall.

Linda, 2004. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Martaniah. 1998. Motivasi untuk Berprestasi. Jakarta: Quantum Teaching.

McClelland, D.C. 1987. Human Motivation. New York: Cambridge University Press.

Miner, John B dan George A. Steiner. 1988. Kebijakan Dan Strategi Manajemen, Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Morgan.1986. and Phillip L. Ackerman, Work Competence: A Person-Oriented Perspective, Handbook of Competence and Motivation, ed. Andrew J. Elliot and Carlos S. Dweck. New York: The Guilford Press.

Owens 1991. Ruth and Phillip L. Ackerman, Work Competence: A Person-Oriented Perspective, Handbook of Competence and Motivation, ed. Andrew J. Elliot and Carlos S. Dweck. New York: The Guilford Press.

Taguri dan Litiwid. 1968. Faktor Yang mempengaruhi Iklim dalam Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahjosumidjo. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.