PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN
Abstract
The objectives of these research are to describe and analyze the involvement of the school committee as the giver of concideration, support as the controller and mediator in improving the quality of vocational education in SMKN 2 Metro. The research was conducted through a qualitative approach with a case study design. The reserch findings show that the establishment of the committee was referring to the provisions of laws and involved elements of teacher councils, communities, government, business communities or industries.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan, pemberi dukungan, sebagai pengontrol dan sebagai mediator, dalam peningkatan mutu pendidikan di SMK Negeri 2 Metro. Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan komite telah mengacu pada ketentuan peraturan perundangan dan melibatkan unsur dewan guru, masyarakat, pemerintah dan kalangan dunia usaha dan industri.
Kata kunci: komite sekolah, manajemen mutu, peningkatan pendidikan
Full Text:
PDFReferences
Arcaro S. Jerome. 2005. Pendidikan Berbasis Mutu, Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Jakarta: Rineka Cipta
Berlo, David K. 1960 The Process of Communication: An Introduction to Theory and Practice, Holt, Rinehart and Winstan, Inc. United State of America
Creswell,John W. 1998. Research Desaign: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Jakarta
Horton, Paul B. dan Chester L. Hunt. 1993. Sosiologi. Jakarta: Erlangga.
Komariah Aan, dan Cepi Triatna. 2004. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: PT.Bumi Aksara
Maya H. 2012. Kesalahan-kesalahan Umum Kepala Sekolah dalam Mengelola Pendidikan. Jogjakarta: Bukubiru
Moleong. 2013. Metodologi Penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sagala, 2011. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jakarta: CV. Alfabeta
Stake, Robert E, 1995. The Art of Case Study, London: Sage Publication, Inc.
Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D. Bandung: CV. Alfabeta
Uno, Hamzah. 2008. Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Husaini. 2009. Manajemen Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan. Jakarta: CV. Bumi Aksara
Yin, Robert K, 2003. Studi Kasus : Desain dan Metode, Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.