PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PENJAMINAN MUTU TERHADAP KINERJA GURU

Anisa Komala Sari, Riswanti Rini, Supomo Kandar

Abstract


The purpose of this research is to describe and analyze: 1) principal leadership, 2) quality assurance, 3) principal leadership and quality assurance simultaneously with teachers performance on public elementary schools. The kind of this research is quantitative by using method of ex post facto. The samples use Slovin formula. The results of this research are: 1) there is positive influence between principal leadership with teachers performance, 2) there is positive influence between quality assurance with teachers performance, 3) there is positive influence between principal leadership and quality assurance with teachers performance.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) kepemimpinan kepala sekolah, 2) jaminan mutu, 3) kepemimpinan kepala sekolah dan jaminan kualitas secara bersamaan dengan kinerja guru pada sekolah dasar negeri. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Sampel menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh positif antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, 2) ada pengaruh positif antara jaminan kualitas dengan kinerja guru, 3) ada pengaruh positif antara kepemimpinan kepala sekolah dan jaminan kualitas dengan kinerja guru.

Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru, penjaminan mutu


Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah: dalam Teori, Konsep dan Analisis. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (http:// www.presidenri.go.id) (diakses tanggal 28 Juli 2013)

Rokhmad, Ali. 2011. Serba-serbi Mutu Pendidikan. Jakarta: Surat Kabar Kompas. (edisi tanggal 30 September 2011)

Sardiman, A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Simamora, Henry. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Bagian Penerbitan STIE YPKN

Soebagia, A. 2000. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadirya

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Wiyono. 2008. Implementasi TQM di Perguruan Tinggi. Bandung: STT Telkom


Refbacks

  • There are currently no refbacks.