HUBUNGAN KOMITMEN ORGANISASI, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KINERJA GURU
Abstract
This study aims to describe: 1) organizational commitment, 2) interpersonal communication, 3) emotional intelligence, 4) organizational commitment, interpersonal communication, emotional intelligence, simultaneously with the teacher performances. The type of research is quantitative using the ex post facto. The research sample obtained using Taro Yamane formula. Research results show that: 1) there is a positive and significant relationship between organizational commitment and teacher performance, 2 ) there is a positive and significant relationship between interpersonal communication with the teacher's performance, 3) there is a positive and significant relationship between emotional intelligence and teacher performance coefficient of determination, 4) there is a positive and significant relationship between organizational commitment, interpersonal communication, emotional intelligence simultaneously with teacher performance.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) komitmen organisasi, 2) komunikasi interpersonal, 3) kecerdasan emosional, 4) komitmen organisasi, komunikasi interpersonal, kecerdasan emosional, secara bersamaan dengan kinerja guru. Penelitian adalah kuantitatif menggunakan ex post facto. Sampel penelitian diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada hubungan positif dan signifikan antara komitmen organisasi dan kinerja guru, 2) ada hubungan positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal dengan kinerja guru, 3) ada hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan koefisien kinerja guru determinasi, 4) ada hubungan positif dan signifikan antara komitmen organisasi, komunikasi interpersonal, kecerdasan emosional.
Kata kunci: kinerja guru, kecerdasan emosional, komitmen organisasi, komunikasi interpersonalFull Text:
PDFReferences
Baedowi. 2006. Tantangan Peningkatan Profesional Tenaga Pendidik Pada Era Undang-Undang Guru Dan Dosen. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. 56.277-283
Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesa Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendiknas
Goleman, Daniel. 2000. Emotional Intelligence,(Hasil Terjemahan T. Hermaya). Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Ilyas, Y. 1999. Kinerja: Teori Penilaian dan Penelitian. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Permendiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tentang: Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: kemendiknas
Usman, Husaini.2009. Manajemen (teori, praktik, dan riset Pendidikan) edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.