PROFIL KINERJA PENGAWAS MADRASAH

Aisya Maqdisiana, Sumadi Sumadi, Sowiyah Sowiyah

Abstract


The aim of research is to describe and analyze the recruitment madrassas supervisor, organization, competence and performance of madrassas supervisors. The research method is descriptive qualitative that is based on the theory of phenomenology. The results were: (1) Recruitment of supervisor at the Ministry of religious Madrasah Bandarlampung based on the formation of the Regional Office of the Ministry of Lampung Province, the ministry's executive committee religion that city, in the groove recruitment was also clear. 2) Madrassas supervisors organization has had a clear coordination between the members; 3) Madrassas supervisors have competence which includes personality, managerial supervision, academic supervision, evaluation of educational, social and supervisors. 4) Supervisory Performance Madrassas already running duties and functions in accordance with applicable regulations, Total supervisors in terms of the amount need to be added; 5) Human Resources supervisor madrasas need to be improved in terms of quantity and quality should receive training appropriate to the duties of a madrassas supervisor.

Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan dan menganalisis rekrutmen pengawas madrasah, organisasi pengawas madrasah, kompetensi pengawas madrasah dan kinerja pengawas madrasah. Metode penelitian yaitu kualitatif deskriptif yang didasari teori fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Rekrutmen Pengawas Madrasah pada Kementerian Kota Bandarlampung berdasar pada formasi pemetaan Kantor Wilayah Kementerian Provinsi Lampung, sebagai pelaksana yaitu panitia kemenag kota, alur rekrutmen juga sudah jelas.  2) Organisasi Pengawas Madrasah telah mempunyai koordinasi yang jelas di antara anggota pengawas berjalan baik; 3) Kompetensi pengawas madrasah yang meliputi kepribadian, manajerial, akademik, evaluasi pendidikan, dan sosial telah dimiliki pengawas; 4) Kinerja Pengawas Madrasah sudah menjalankan tupoksinya sesuai dengan peraturan yang berlaku, Jumlah pengawas dari segi jumlah perlu ditambah; 5) Sumber Daya Manusia pengawas madrasah dalam hal kuantitas perlu ditingkatkan dan kualitas perlu mendapat pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan tupoksi seorang pengawas madrasah.

Kata kunci: kinerja, kompetensi, pengawas madrasah, profil


Full Text:

PDF

References


Bogdan & Biklen. 1998. Qualitative research in education: An introduction to theory and methods (3rd ed.). Needham Heights, MA: Allyn & Bacon

Budimansyah, Dasim. 2003. Pengembangan Model Pembelajaran. Bandung: Penerbit Genesindo.

Bungin, Burhan. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mantja, W. 2003. Etnografi. Desain penelitian dan manajemen pendidikan. Malang: Wineka media.

Miles, M.B & huberman, A.M. 1992. Analisa data kualitaif. (penerjemah: Rohid, R.T). Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi penelitiaan kualitatif. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Peraturan Menteri Agama RI No. 2 tahun 2012.2012. Pengawas madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam pada sekolah. Jakarta

Peraturan Menteri Agama RI No. 13 Tahun 2013.2013. Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementrian Agama. Jakarta

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 12 Tahun 2007. 2007. Standar Pengawas sekolah/Madrasah. Jakarta

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 19 Tahun 2007. 2007. Standar Pengelolaan Pendidikan. Jakarta

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 tahun 2010. 2010. Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya. Jakarta

Starrat. 1990. Peningkatan Mutu Sekolah dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Penerbit Genesindo.

Stoner,1995. Manajemen Administraçao. Rio de janeiro, Brasil: Prentice Hall.do


Refbacks

  • There are currently no refbacks.