PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU

Meta Eka Setyana, Irawan Suntoro, Sumadi Sumadi

Abstract


The purpose of the research is to know and analyze: 1) the influence of principal academic supervision through the teacher performing, 2) the influence of interpersonal communication through the teacher performing, 3) the influence of the job motivation through the teachers performing, 4) the influence of principal academic supervision, the interpersonal communication, and the job motivation through the teachers performing in Bodhisattva school Bandar Lampung. The quantitative research used the ex post facto. The result of the research shows that: (1) there is positive and significant influence the principal academic supervision through the teacher performing, (2) there positive and significant influence the interpersonal communication through the teachers performing, (3) there are positive and significant influence of the job motivation through the teachers performing, (4) there is positive and significant influence of the principal academic supervision, interpersonal communication, and job motivation through the teachers performing.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) pengaruh antara Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru, 2) pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Guru, 3) pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru, 4) pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Komunikasi Interpersonal, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Bodhisattva Bandar Lampung. Penelitian kuantitatif ini menggunakan jenis penelitian ex post facto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru, (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi akademik kepala sekolah, komunikasi interpersonal, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru.

Kata kunci: kinerja, komunikasi interpersonal, motivasi guru, supervisi akademik


Full Text:

PDF

References


Ambarita, Alben. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Hasan, Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Jasmani dan Mustofa, Sayaiful. 2013. Supervisi Pendidikan Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Karwati, Euis dan Joni Priansa, Donni. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah Membangun Sekolah Yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.

Komariah, Neneng. 2009. Keterampilan Komunikasi Interpersonal Bagi Pustakawan (Karya Tulis). Bandung: Universitas Padjadjaran.

Menteri Pendidikan Nasional. 2010. Akuntabilitas Kinerja Kepala Sekolah dalam Pembelajaran Inovatif. Jakarta: PT Binatama

Rachmawati, Tutik dan Daryanto. 2013. Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava Media.

Rohman, Arif. 2013. Memahami Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: CV. Aswaja Pressindo.

Siregar, Syofian. 2010. Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Husaini. 2009. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.