HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU DENGAN KINERJA GURU
Abstract
The purpose of this study was to determine the relationship between the principal supervisory and motivation of teachers working with teacher performance at Junior High Schools. This research is a quantitative research study that aimed to investigate the events that have occured and then trace backwards to determine the factors that cause the occurance of these events. Data collecting in this study was using a questionnaire with Likert scale. While the analysis of the data was using a simple linear regression equation and multiple regression. The result showed that the principal supervisory was related with the performance in the amount of 73,1%. Motivation of teachers working was related with the performance for 64,5%. Then jointly relationship between the two factors were related at 82,1%.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru dengan kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Gadingrejo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki peristiwa yang telah terjadi dan kemudian merunut ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya peristiwa tersebut. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan skala Likert. Sedangkan analisis datanya menggunakan persamaan regresi linier sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru sebesar 73,1%. Hubungan motivasi kerja guru dengan kinerja guru sebesar 64,5%. Kemudian hubungan secara bersama-sama antara supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru sebesar 82,1%.
Kata kunci: kinerja guru, motivasi kerja guru, supervisi kepala sekolah
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Hasibuan, Malayu SP. 2001. Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara
Muhammad, Rifai.2006. Supervisi Pendidikan. Bandung: Jemars
Mulyasa, E.2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosda karya
Purwanto, dkk. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Publik dan masalah-masalah Sosial. Yogyakarta: Gava Media
Purwanto, Ngalim. 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Siagian, Sondang P. 2002. Organisasi Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi. Jakarta: Gunung Agung
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfa Beta
Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta
Suherman, Aris. 2009. Etika Profesi Keguruan. Bandung: Refika Aditama
Suryana. 2012. Guru Profesional. Bandung: Refika Aditama
Usman, Husaini. 2009. Manajemen, Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.