HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU DENGAN KINERJA GURU

Hanriadi Hanriadi, Sulton Djasmi, Riswanti Rini

Abstract


The purpose of this study was to determine the relationship between the principal supervisory and motivation of teachers working with teacher performance at Junior High Schools. This research is a quantitative research study that aimed to investigate the events that have occured and then trace backwards to determine the factors that cause the occurance of these events. Data collecting in this study was using a questionnaire with Likert scale. While the analysis of the data was using a simple linear regression equation and multiple regression. The result showed that the principal supervisory was related with the performance in the amount of 73,1%. Motivation of teachers working was related with the performance for 64,5%. Then jointly relationship between the two factors were related at 82,1%.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru dengan kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Gadingrejo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki peristiwa yang telah terjadi dan kemudian merunut ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya peristiwa tersebut. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan skala Likert. Sedangkan analisis datanya menggunakan persamaan regresi linier sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru sebesar 73,1%. Hubungan motivasi kerja guru dengan kinerja guru sebesar 64,5%. Kemudian hubungan secara bersama-sama antara supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru sebesar 82,1%.

Kata kunci: kinerja guru, motivasi kerja guru, supervisi kepala sekolah


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Hasibuan, Malayu SP. 2001. Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara

Muhammad, Rifai.2006. Supervisi Pendidikan. Bandung: Jemars

Mulyasa, E.2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosda karya

Purwanto, dkk. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Publik dan masalah-masalah Sosial. Yogyakarta: Gava Media

Purwanto, Ngalim. 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Siagian, Sondang P. 2002. Organisasi Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi. Jakarta: Gunung Agung

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfa Beta

Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta

Suherman, Aris. 2009. Etika Profesi Keguruan. Bandung: Refika Aditama

Suryana. 2012. Guru Profesional. Bandung: Refika Aditama

Usman, Husaini. 2009. Manajemen, Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.