MANAJEMEN MUTU SEKOLAH JURUSAN TEKNIK PEMESINAN
Abstract
The aim of this study examines the management of machining engineering school in SMK Muhammadiyah 2 Metro. The focus of research is on school management in machining engineering. This study used a qualitative approach to the design of a single case study in SMK Muhammadiyah 2 Metro. Techniques of collecting data through interviews, documentation studies and field observations. The results obtained are: (1) Management schools in machining engineering done by POAC system. (2) Linking the world of business and industry in improving the quality of education is a place of Work-Based-Learning. (3) Output machining engineering are competent and have the attitudes and values or good character. (4) The factors supporting the marketing machining engineering department is done by visualization, association, physical representation, and documentation.
Penelitian ini bertujuan mengkaji tentang manajemen sekolah Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Muhammadiyah 2 Metro. Fokus penelitiannya adalah tentang manajemen sekolah di jurusan teknik pemesinan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus tunggal di SMK Muhammadiyah 2 Metro. Teknik mengumpulkan data dilakukan dengan wawancara, studi dokumentasi dan observasi lapangan. Hasil penelitian diperoleh adalah (1) Manajemen sekolah di jurusan teknik pemesinan dilakukan dengan system POAC. (2) Keterkaitan dunia usaha dan dunia industry dalam meningkatkan mutu pendidikan bahwa DUDI merupakan tempat pembelajaran Work-Based Learning. (3) Output atau alumni jurusan teknik pemesinan berkompeten, mempunyai sikap dan nilai atau karakter yang baik. (4) Faktor-faktor pendukung dalam memasarkan jurusan teknik pemesinan dilakukan dengan cara visualisasi, asosiasi, representasi fisik, dan dokumentasi.
Kata kunci: manajemen sekolah, mutu pendidikan, Teknik Pemesinan
Full Text:
PDFReferences
Andriyasti. Konsep Manajemen Pemasaran Pendidikan. http:// www.andriyasti. org/ pemasaran. (diunduh pada tanggal 14 Desember 2012)
Dian Septiana. 2012. Konsep Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan Pendidikan. [on line]. http://dians97.blogspot.com/2012/04/ makalah-managemen-pendidikan.html
Ghony dan Almansur. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Ar Ruzz Media. Jogyakarta.
Miles, B.M & Hubermann, M.A. 1992. Analisis Data Kualitatif. Penerjemah : Rohadi, R.T. Jakarta : Universitas Indonesia.
Mendi. Pemasaran Pendidikan. http:// id.shvoong.com/ socialsciences/ economics/ 2176274- konsep manajemen- pemasaran-pendidikan/ #ixzz 2F12E5 b00 diunduh pada tanggal 14 Desember 2012.
Pardjono. Peran Industri dalam Pengembangan SMK. http:// staff.uny.ac.id/ system/ files/ pengabdian/ prof-drs-pardjono-msc-phd/ peran-dudi-utk-smk.docx diunduh tanggal 15 Desember 2012.
Suparlan. Peran Dunia Usaha dan Dunia Industri dalam Bidang Pendidikan. www.suparlan.com; E-mail: me [at] suparlan [dot] com diunduh tanggal 15 Desember 2012.
Refbacks
- There are currently no refbacks.