EFEKTIVITAS PERAN DAN FUNGSI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Damayanti Damayanti, Sumadi Sumadi, Alben Ambarita

Abstract


The objective of this research is to describe the effectivity in role and function of school principal in improving the quality of education in Sekolah Dasar Islam Terpadu Permata Bunda. Quality research with a case study design has been used in the research, adopting data collection techniques through observation, documentation and interviews. Results of the research are: 1) Principal has professionalism as educator and to motivate teacher to have professionalism as a teacher. 2) As manager, principal performs a good management functions, the school is able to manage the organization so that the management is effective. 3) The role and function as an administrator goes well, it proved, by the physical evidences in the form of administrative management of the school as an indicator.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan efektifitas dalam peran dan fungsi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Permata Bunda. Kualitas penelitian dengan desain studi kasus telah digunakan dalam penelitian ini, mengadopsi teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Kepala Sekolah memiliki profesionalisme sebagai pendidik dan untuk memotivasi guru untuk memiliki profesionalisme sebagai guru. 2) Sebagai manajer, kepala sekolah melakukan fungsi manajemen yang baik, sekolah mampu mengelola organisasi sehingga manajemen yang efektif. 3) Peran dan fungsi sebagai administrator berjalan dengan baik, itu terbukti, dengan bukti-bukti fisik dalam bentuk pengelolaan administrasi sekolah sebagai indikator.

Kata kunci: manajemen kepala sekolah, mutu pendidikan, manajemen sekolah


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dan Yuliana, Lia. 2009. Manajemen Pendidikan. Aditya Media dan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY, Yogyakarta.

Rohiat. 2010. Manajemen Sekolah. Teori Dasar dan Praktik. Refika Aditama. Bandung.

Sagala, H. Syaiful. 2009. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Alfabeta, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.