Hubungan Kelengkapan Fasilitas Sekolah Ramah Anak dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Kelas Tinggi SD Negeri 5 Metro Barat

Sopiah Sopiah, Sowiyah Sowiyah

Abstract


Abstrak: Hubungan Kelengkapan Fasilitas Sekolah Ramah Anak dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Kelas Tinggi  SD Negeri 5 Metro Barat Masalah Penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik kelas tinggi SD Negeri 5 Metro Barat. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mengetahui hubungan yang positif dan signifikan kelengkapan fasilitas sekolah ramah anak dan minat belajar dengan hasil belajar kelas tinggi SD Negeri 5 Metro Barat. Jenis penelitian ini yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 70 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Alat pengumpulan data yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan kelengkapan fasilitas sekolah ramah anak dengan minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar kelas tinggi SD Negeri 5 Metro Barat dengan ditunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,624 berada pada taraf tinggi.

Kata kunci: fasilitas sekolah ramah anak, hasil belajar, dan minat belajar

 

DOI : http://dx.doi.org/10.23960/jmmp.v8.i2.202004


Full Text:

PDF

References


Ambarsari, L dan Harun. 2018. Sekolah Ramah Anak Berbasis Hak Anak di Sekolah Ramah Anak. Profesi Pendidikan Dasar. 5:10-19.

Arliman, Laurensius. 2015. KOMNAS HAM dan Perlindungan Anak Pelaku Tindak Pidana. Deepublish, Yogyakarta.

Bruce, M. 2014. The Voice of the Child Protection: Whose Voice?.Soc. Sci. 3: 514-526.

Hajaroh, dkk. 2017. AnaIisis Kebijakan Sekolah Ramah Anak di Kawasan Pesisir Wisata. Andi Offset, Yogyakarta.

Hasibuan, A dan Rahmawati. 2019. Sekolah Ramah Anak Era Revolusi Industri 4.0 di SD Muhammadiyah Pajangan 2 Berbah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. 11 : 49-75

Meenu, Dev. 2016. Factors Affecting the Academic Achievement: A Study of Elementary School Students of NCR Delhi, India. Journal of Education and Practice. 7 : 70-74.

Rangkuti, S. dan Irfan, R. M. 2019. Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak dalam Mewujudkan Kota Layak Anak di Kota Depok. Jurnal Ilmu Administrasi. 8 : 38-52.

Sisdiknas. 2003. Undang-undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas, Jakarta.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenada Media, Jakarta.

Yulianto, Agus. 2016. Studi Kasus SD IT Nur Hidayah Surakarta. Pendidikan Ramah Anak. 1:137-153.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.