IMPLEMENTASI PEMBINAAN KINERJA GURU

Idwan Roshid, Supomo Kandar, Sowiyah Sowiyah

Abstract


This study aimed to analyze and describe the performance of teachers, the implementation of academic supervision, methods and techniques, the results achieved in the development, the factors supporting and inhibiting the development, and follow-up coaching performance by the principal and school superintendent. The method used in this study is a qualitative research method with case study design. Data collection techniques used were interviews, observation, and documentation. The results showed that : 1) academic supervision activities emphasize professional development of teachers; 2) Methods and techniques of supervision; 3) The results achieved academic supervision; 4) Factors supporting and coaching performance teacher consisted of regulatory factors, the principal factor, and the factor of teachers; 5) Follow-up is done is to enable and facilitate the activities of Congress Subject Teacher (MGMP) school level.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan kinerja guru, pelaksanaan supervisi akademik, metode dan teknik, hasil yang dicapai dalam pembangunan, faktor-faktor pendukung dan penghambat pengembangan, dan tindak lanjut kinerja pembinaan oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kegiatan supervisi akademik menekankan pengembangan profesional guru, 2) Metode dan teknik pengawasan, 3) Hasil yang dicapai supervisi akademik, 4) Faktor pendukung dan kinerja guru pembinaan terdiri dari faktor regulasi, faktor utama, dan faktor guru, 5) Tindak lanjut yang dilakukan adalah mengaktifkan dan memfasilitasi kegiatan Kongres Subjek guru (MGMP) tingkat sekolah.

Kata kunci: faktor guru, pembinaan kinerja guru, supervisi akademik


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta

Bogdan,R.C,& Biklen,S.K.1985. Qualitative Research For Education : An Introduction to Theory and Methodes. Needham Heights, MA: Allyn Bacon, Inc.

Bungin, Burhan.2004. Metode Penelitian Kualitatif. Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: Rajawali Press

Gibson, Ivanchevic & Donnely.1985. Organisasi Jilid 2 (terjemahan), Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Miles, B.M & Huberman,M.A.1992. Analisis Data Kualitatif. Penerjemah Rohadi, R.T. Jakarta: Universitas Indonsia

Moleong, Lexy.2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyono, MA. 2008. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzzmedia

Paton, Q.M. 1987. Qualitative Evaluative Methods. London: Sage Publications.

Sahertian, Piet A. 2008. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta

Satori, Djam’an.1999. Bahan Pelatihan Pengawas SLTP dan SMU. Tidak diterbitkan

Sudjana, Nana. 2003. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono.2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif), R & D. Bandung: CV. Alfabeta

Surya Dharma. 2008. Manajemen Kinerja: Falsafah Teori dan Penerapannya. Jakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.