Motivasi Berprestasi Guru SD Negeri Kecamatan Teluk Betung Selatan
Abstract
This study aimed to describe and analyze the influence of school leadership, organizational culture and self-efficacy of teachers on teacher achievement motivation of SD Negeri Kecamatan TelukBetung Selatan. This research used quantitative descriptive approach. The number of the population was 176 teachers, with a sample were 53 teachers. The analysis used was descriptive and inferential. The result showed that there was positive and significant influences of principal leadership on teacher achievement motivation, there was positive and significant teacher organizational culture on teacher achievement motivation, there was positive and significant self-efficacy on teacher achievement motivation, and there were positive and significant influences of principal leadership, organizational culture, self-efficacy, jointly on teacher achievement motivation.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi dan efikasi diri guru terhadap motivasi berprestasi guru SD Negeri Kecamatan Teluk Betung Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi sebanyak 176 orang, sampel ditentukan dengan proportional sebanyak 53 orang. Teknik analisis menggunakanstatistic deskriptif inferensial.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah secara langsung terhadap motivasi berprestasi guru, terdapat pengaruh positif dan signifikan budaya organisasi terhadap motivasi berprestasi, terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri terhadap motivasi berprestasi, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi dan efikasi diri terhadap motivasi berprestasi.
Kata kunci: Kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, efikasi diri, dan motivasi berprestasi
Full Text:
PDFReferences
Bandura. 2008. Self Efficacy Mechanism in Human Agency. American Psychologist. 37,122-147
Coon dan Miterrer. 2010. Teori Motivasi Instrinsik Mengajar. Jakarta: Balai Pustaka
Danim dan Suparno.2005. Sumber Daya Manusia di Rumah Sakit. Penerbit BukuEDC Jakarta
Danim, S. 2005. Menjadi Komunitas Pembelajar Transforamasional dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
F Pajares. 2002.Social Cognitive Theory and Self Efficacy Implications for Motivation Theory” Pengaruh Kognitif sosial dan efikasi diri terhadap motivasi. Journal of Educational 65. 75-80
Farihah Salwa. 2011. Hubungan antara Efikasi Diri dengan Motivasi Berprestasi Guru Pada Siswa SMA Muhamadiyah 6 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan
Farida Hainun. 2013. Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Kepala Madrasah. Bekasi. Jurnal FKIP UPI
Hasibuan M. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara
Ikfina Maufuriya. 2015.Motivasi Berprestasi Guru Ditinjau Dari Efikasi-Diri Guru, Komitmen Terhadap Profesi. Jurnal FKIP UNS
Jess Feist & Feist. 2010. Role Of Self Efficacy and Modelling Attribitional Effects on Development Teachers, Self Efficacy, Journal Educational 2010
Martaniah. 2005. Motivasi Untuk Berprestasi Quantum Teaching. Jakarta: Amara Books
Monk dan Haditono. 2002.Guru Profesonal dan Implementasi Kurikulum Quantum Teaching. Jakarta: Amara Books
Marno. 2008. Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: PT Grafindo Persada 2003
Mulyasa. 2006. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. PT Rineka Cipta Bandung
Maryati. 2008 . Persepsi Mengenai Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional dan Pengaruhnya Terhadap Upaya Ekstra Effort. Semarang: BPE
Refbacks
- There are currently no refbacks.