PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Catur Atka Handayani Mutiara, Sulton Djasmi, Irawan Suntoro

Abstract


The purpose of the study: to describe the role of principals in improving the quality of education in SDIT Baitul Jannah. Research focus: role of principal as educator, manager, administrator, supervisor, leader, creator of work climate, and entrepreneur. Qualitative research of phenomenology with case study design, data collection technique through observation, documentation and interview. Data sources: foundations, principals, vice principals and teachers. Data analysis: triangulation by comparing the results of observation, documentation and interview. Result of research: 1) headmaster as educator that is a teacher, 2) as manager that is managing and evaluation, 3) as administrator that is working together with vice principal doing administration, 4) as supervisor that is make, supervise supervision, 5) as leader Namely implementing the vision, mission and characteristics of the school, 6) as the creator of the working climate is to seek a conducive working climate, 7) as an entrepreneur that is to provide entrepreneurial insight.

Tujuan penelitian: mendeskripsikan pelaksanaan peranan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDIT Baitul Jannah. Fokus penelitian: peranan kepala sekolah sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, pemimpin, pencipta iklim kerja, dan wirausahawan. Penelitian kualitatif fenomenologi dengan rancangan studi kasus, teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumber data: yayasan, kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Analisis data: triangulasi dengan membandingkan hasil observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian: 1) kepala sekolah sebagai pendidik yaitu seorang guru, 2) sebagai manajer yaitu mengelola serta evaluasi, 3) sebagai administrator yaitu bekerja sama dengan wakil kepala sekolah melakukan administrasi, 4) sebagai supervisor yaitu membuat, mengawasi supervisi, 5) sebagai pemimpin yaitu mengimplementasi visi, misi dan karakteristik sekolah, 6) sebagai pencipta iklim kerja yaitu mengupayakan iklim kerja yang kondusif, 7) sebagai wirausahawan yaitu memberikan wawasan wirausaha.

Kata kunci: peranan kepala sekolah dan mutu pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi., Yuliana, Lia. 2009. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta. Aditya Media dan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Avianti, Feby Sukma. 2014. Implementasi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kewirausahaan di SMKN 1 Kota Tanggerang Selatan. Jurnal Improvement in SMA, SMK dan MA, Tenaga Kependidikan. Vol 1 (1).

Danim, Sudarwan. 2010. Otonomi Manajemen Sekolah. Bandung. Alfabeta.

Ekosiswoyo, R. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 14 (2):7682. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif, Analisis Data. Jakarta. Raja Grafindo.

Mulyasa, E. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Milles, MB., & Hubermant, A.M. 1992. Qualitatif Data Analysis (terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). London. Sage Publishing.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kuaitatif ( Dalam Perspektif Rancangan Penelitian). Jogjakarta. Ar Ruzz Media. Hal.28.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Kompetensi Guru dan Peran Kepala Sekolah. Di akses 22 Maret 2016, http://akhmadsudrajat.wordpress.com.

Suyanto. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah di Era Otonomi Pendidikan. http://www.kompas.com/kompas-cetak/0103/23/dikbud/foru09.html diakses 1 Oktober 2016.

UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 54 (1), 55 (1).

Wahyusumidjo. 2005. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta. Rajawali Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.