PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KECERDASAN EMOSIONAL KECERDAAN SPIRITUAL GURU TERHADAP PROFESIONALISME GURU

Poniman Poniman, Sumadi Sumadi, Hasan Hariri

Abstract


The purpose of this research was to investigate, test and analyze the impacts of principal leadership, emotional intelligence, and spiritual-intelligence on teachers professionalism at Vocational High Schools (SMKN) in Bandar Lampung City. This research was descriptive quantitative and usedquestionnaires to collect the data. The data collected wereanalyzed using simple and multiple regression analyses. The number of population in this research was 695 teachers with a sample of 237 teachers using Taro Yamane formula.The research results, in general, show positive and significant impact of school leadership, emotional intelligence, spiritual intelligence on the professionalism of teachers both partially and simultaneously.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menguji dan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual guru terhadap profesionalisme guru SMK Negeri di kota Bandarlampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa kuisioner. Pengujian hipotesis digunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 695 guru dengan tekhnik pengambilan sampel mengunakan rumus Taro Yamane serta diperoleh sampel 237.Hasil penelitian secara umum menunjukan pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap profesionalisme guru baik secara parsial maupun simultan.

Kata kunci: Kepemimpinan, kecerdasan, profesionalisme guru, spiritual


Full Text:

PDF

References


Agustian, Ary Ginanjar. 2012. Emotional spiritual quotient (the esq way 165). PT Arga Tilanta. Jakarta

Al Said, Tagharid Bint Turki; dkk. (2013). Phycometry propertis ofbar-on emotionall quoetient inventori youth version among omani children. International Journal of Management Systems. United Kingdom. No.02, 13-24

Ambarita, Alben. 2015. Kepemimpinan kepala sekolah. Graha ilmu. Yogyakarta

Bafadal, I. (2009). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Bar-On, R., & Parker, J. D. A. (2006). The Bar-On Emotional Quotient Inventory: Youth Version (EQ-i:YV) Technical Manual. Toronto, Canada: Multi-Health Systems

Cooper, R. K., & Swaf, A. 1997. Executive EQ. Orient Books. New York

Depdiknas. 2006. Standar Kopetensi Kepala Sekolah TK, SD, SMP, SMA, SMK & SLB. BP. Cipta Karya. Jakarta

Dincer, Ker M. (2007). Educators role as spiritually intelligent leaders in educational institutions. International Journal of Human Sciences, 4(1), 1-22.

Firmansyah, Yuli. 2013. Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan profesionalitas guru terhadap mutu layanan pendidikan di madrasah tsanawiyah se-kecamatan Labuhan Maringai Lampung Timur( Tesis). Universitas Lampung. Bandar Lampung

Goelman, Daniel. 2015. Working with emotional intelligence terjemahan.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Hardiyanto, Deni. 2009. Pendidikan guru dan upaya meningkatkan profesionalisme guru. IPTPI. Yogyakarta

Jennings, P. A., & Greenberg, M. T. 2009. The prososial classroom: Teacher sosial and motional competence in relation to student and classroom outcomes. Review of Educational Research, 79(1), 491-525

Khan, Muhammad Neemullah. 2011. Needs Assessment Of University Teachers For Profesional Enhancement. Internasional Jurnal of Business and Management

Kunandar. 2010. Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Kurniasari, Asih. 2013.Hubungan komitmen organisasi, komunikasi interpersonal, kecerdasan emosional dengan kinerja guru pada madrasah tsanawiyah di kecamatan kota agung tanggamus. (Tesis). Universitas Lampung. Bandar Lampung

Masaong, A. K. 2011. Supervisi pendidikan. Sentra Media. Gorontalo

Mortiboys, A. 2005. Teaching with emotional intelligence: a step-by-step guide for highr and further education profesional. Routledge. New york

Novitasari, Atik. Agus Wahyudin dan Rediana Setiyani. (2012). pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja, pendidikan, dan pelatihan terhadap kinerja guru. Economic Education Analysis Journal 1 (2) (2012)ISSN 2252-6544

Praja, Gani Indra. 2014. Pengaruh kompetensi menejerial dan kompetensi supervisi akademik kepala sekolah terhadap profesionalisme guru smp Negeri di kecamatan pungur kabupaten Lampung tengah. Jurnal FKIP Universitas Lampung

Pujiyana. 2012. Profesionalisme guru dalam perspektif global. FKIP Universitas Veteran Nusantara. Sukoharjo

Puluhulawa, Citro W. 2013. Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Meningkatkan Kompetensi Sosial Guru. Makara Seri Sosial Humaniora, 2013, vol, 17(2)

Rahman, B. 2014. refleksi diri dan peningkatan profesionalisme guru di provinsi lampung. Jurnal Paedagogia

Salami, S.O. 2010. Occupational stress and well being emotional intelligence, self efficancy, coping, negative affectivity and social support as moderators. The journal of internasional social research, 3(12), 387-398.

Setyana, Meta Eka. 2014. Pengaruh supervise akademik kepala sekolah, komunikasi interpersonal, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di sekolah bodhisattva Bandar Lampung. (Tesis). Universitas Lampung. Bandar Lampung

Sigh. D. 2003. Emotional intelligence at work: aprofesional guide. Sage publications . New Delhi

Sudewa, Ivan Tri. 2013. Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalisme guru di TK Lovely Lovita Tanjung Pinang. Fakultas ilmu sosial dan politik Universitas Maritime Raja Ali Haji Tanjung Pinang

Suwandi. 2016. Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya kerja dan komitmen kerja terhadap profesionalisme guru di SMP Negeri Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tangamus.(Tesis). Universitas Lampung. Bandar Lampung

Sunar, P. D. 2010. Edisi lengkap tes IQ, SQ & SQ. Hash Books. Jogyakarta

Tikollah, Ridwan, Triyuwono, Iwan dan Ludigdo, Unti. 2008. Kecerdasan Spiritual. Penerbit Mizan. Bandung

Umeh, O. J. 2008. The role of human resources management in sucsessfull national development and government strategis in Africa and asia. Public administration review. 948-950

Wahyuning, Tri. 2016. Pengaruh budaya organisasi, komitmen, motivasi berprestasi terhadap profesionalisme guruSD Negeri Kecamatan Abung Tinggi Kabupaten Lampung utara. (Tesis). Universitas Lampung. Bandar Lampung

Yuliana, Bujang Rahman, & Sulton Djasmi 2014. Kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan di SDN 4 Metro timur. FKIP Universitas Lampung

Yuniani, Anggun. 2010. Pengaruh kecerdasan emosional terhadap pemahaman akuntansi. (Skripsi). Universitas Diponegoro. Semarang

Zohar, D. and Marshal, I. 2000. SQ (Spiritual Intelligence): The Ultimate Intelligence. Bloomsbury Publishing. London


Refbacks

  • There are currently no refbacks.