PENGARUH BUDAYA SEKOLAH, PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN TERHADAP KINERJA GURU PAUD TELUK BETUNG

Renita Citra Patria, Sowiyah sowiyah, Riswanti Rini

Abstract


This study is to find out and analyze the influence of the culture of the school, learning and sustainable development programme the profession jointly against the performance of the old teacher in Teluk Betung Utara at Bandar Lampung.The approach used in this study was the quantitative approach with a type of survey methods with quantitative approach asosiati. Based on the results of the research and the discussion then it can be noted that: (1) there is a positive influence of school culture on performance among teachers in the Teluk Betung Utara at Bandar Lampung. (2) there is a positive influence on performance learning facilities between teachers in district of old. (3) there is a positive influence among the sustainable development programme the profession against the performance of the old teacher. (4) there is a positive influence between the culture of the school, learning and sustainable development programme the profession jointly against the performance of the old teacher

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh budaya sekolah, fasilitas pembelajaran dan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) secara bersama-sama terhadap kinerja guru PAUD di Kecamatan Teluk Betung Utara Kota Bandar Lampung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis metode survei dengan pendekatan kuantitatif asosiati. Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diketahui bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif antara budaya sekolah terhadap kinerja guru PAUD (2) Terdapat pengaruh yang positif antara fasilitas pembelajaran terhadap kinerja guru PAUD. (3) Terdapat pengaruh yang positif antara program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PPKB) terhadap kinerja guru PAUD. (4) Terdapat pengaruh yang positif antara budaya sekolah, fasilitas pembelajaran dan program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PPKB) secara bersama-sama terhadap kinerja guru PAUD.

Kata kunci: budaya sekolah, fasilitas pembelajaran, kinerja guru.


Full Text:

PDF

References


Mulyasa. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung:Rosda Karya

Mulyasa.(2005). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatifdan Menyenangkan.BandungRemaja Rosdakarya

Mulyasa. 2011. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara

Mulyasa.(2012) Manajemen Paud.Bandung : Rosda

Nasution.(2005). Metode Penelitian Kualitatif.Jakarta : Bina Aksara

Nawawi, Hadari. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif.Yogyakarta : Gajah Mada University Press

Peraturan Menpan RB Nomor 16/2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredit

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Zainal, Aqib. (2007). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung : Yrama Wijaya

Zamroni. (2011). Pendidikan demokrasi pada masyarakat multikultural.Yogyakarta: Penerbit Ombak


Refbacks

  • There are currently no refbacks.