EVALUASI KEBIJAKAN DANA BANTUAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN KABUPATEN LAMPUNG BARAT

Yesi Merinda, Riswanti Rini, Sowiyah Sowiyah

Abstract


The purpose of this study is to provide a descriptive evaluation of the implementation of education aid policy in West Lampung. The method used is descriptive approach to evaluation by interview, observation and documentation. Informants consisted of BAPPEDA, Dept. of Education, principals, treasurer BPP, teachers, students and community leaders.The results of this study indicate that Evaluation of the context of this policy have a clear basis since the beginning is based on the fact of the education, Evaluation of input local authorities have had the readiness of the budget and long-term analyzes are both related to the implementation of this policy, participation in this policy; Evaluation process of channeling funds have been well understood by all parties and did not leave ambiguity of meaning the distribution, implementation of school can be run according to the rules set forth, and in case there are problems yet significant constraints and; Evaluation monitoring products performed well, teachers and students feel motivated, and provide long-term effect on increasing the APK.

Tujuan penelitian ini untuk memberikan evaluasi deskriftif mengenai kebijakan dana bantuan penyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Lampung Barat. Metode yang digunakan adalah pendekatan evaluasi deskriftif model cipp dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi,informan terdiri dari BAPPEDA,Kepala Dinas Pendidikan, kepala sekolah, bendahara BPP, guru, siswa, dan elemen masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi konteks kebijakan ini memiliki dasar yang jelas sejak awal penyusunannya, Evaluasi input hasil menunjukkan bahwa pihak pemerintah daerah telah memiliki kesiapan anggaran dan analisis jangka panjang yang baik terkait dengan pelaksanaan kebijakan ini, kesiapan SDM sekolah sebagai objek pelaksana kebijakan ini juga telah siap dan tidak terdapat penolakan dari para personil sekolah baik pendidikan

Kata kunci : evaluasi, kebijakan dana BPP, model CIPP


Full Text:

PDF

References


Abidin, Said Zainal. 2006. Kebijakan Publik. Jakarta: Suara Bebas.

Alifuddin,M.2011. Kebijakan Pendidikan Non Formal : Teori, Aplikasi dan Implikasi. Jakarta: Magna Ascript Publishing.

Arikunto, S. Dan Yuliana. 2009. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Emzir,2011. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Penerbit Rajawali Press..

Hussaini, U. 2009. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Moleong, L.J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Senduk, J.F. 2010. Pola Pembuatan Kebijakan Pendidikan. (Tesis). Sulawesi Utara. Universitas Negeri Manado.

Suryadi, Ace dan Dasim Budimansyah. 2009. Paradigma Pembangunan Pendidikan Nasional: Konsep, Teori, dan Aplikasi Dalam Analisis Kebijakan Publik. Bandung: Widya Aksara Press.

Suryono, Yoyon. 2000. Arah Kebijakan Otonomi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta. FIP UNY

Syafarudin. 2008. Efektifitas Kebijakan Pendidikan: Konsep, Strategi, dan Aplikasi Kebijakan Menuju Organisasi Sekolah Efektif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tilaar, H.A.R dan Riant Nugroho. 2008. Kebijakan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Pemerintahan Daerah

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wirawan, 2011. Evaluasi Teori, Model, Standar Aplikasi dan Profesi. Jakarta: Pt.Absurd Garfindo Bandung Perkasa.

Yoyon, B.I. 2011. Kebijakan Pembaharuan Pendidikan: Konsep, Teori, dan Model. Jakarta: PT. Rajagrafindo Perkasa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.