PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KOMITMEN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PROFESIONALISME GURU
Abstract
The purpose of this study was to determine and analyze the influence of organizational culture, scommitment and achievement motivation in the professionalism of teachers in public primary schools High Abung District of North Lampung regency. This study is in this type of quantitative descriptive study, with a sample of 101 teachers. Data was collected by questionnaire. Analysis of data using path analysis. The results of this study indicate there is an influence of the culture on 28.5% achievement motivation, commitment to achievement motivation amounted to 67.9%, the relationship between the cultural variables with a coefficient of 0.893, culture directly to the professionalism of 6.5%, directly against the culture of professionalism amounted to 8.82%, achievement motivation directly to the professionalism of 37.5%, against the culture of professionalism through achievement motivation of 10.68%, professionalism through achievement motivation of 25.46%, culture and commitment together towards the achievement motivation teachers by 88.8%, culture, commitment, and achievement motivation together in the professionalism of 80.75%.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh budaya organisasi, komitmen dan motivasi berprestasi terhadap profesionalisme guru di SDN Abung Tinggi Lampung Utara. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dengan sampel 101 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner. Analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh budaya terhadap motivasi berprestasi sebesar 28,5%, komitmen terhadap motivasi berprestasi sebesar 67,9%, hubungan antara variabel budaya dengan koefisien 0,893, budaya secara langsung terhadap profesionalisme sebesar 6,5%, budaya secara langsung terhadap profesionalisme sebesar 8,82%, motivasi berprestasi secara langsung terhadap profesionalisme sebesar 37,5%, budaya terhadap profesionalisme melalui motivasi berprestasi sebesar 10,68%, profesionalisme melalui motivasi berprestasi sebesar 25,46%, budaya dan komitmen secara bersama-sama terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 88,8%, budaya, komitmen, dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap profesionalisme sebesar 80,75%.
Kata kunci: budaya, komitmen, motivasi berprestasi, profesionalisme guru
Full Text:
PDFReferences
Kunandar. 2007. Guru Profesional. Jakarta : P Raja Grafindo Persada
Robbins, Stephen P.(2006). Perilaku Organisasi. Edisi kesepuluh. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia
Usman. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosada Karya
Goleman, Daniel. 2005. Kecerdasan Emosi: Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Terjemahan Alex Tri Kantjono. 2005. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Sugiyono. 2014. Statistik Untuk Penelitian. ALFABETA : Bandung
Colquitt, LePine, Wesson, 2009, Organizational Behavior Improving Performance and Commitment in The Workplace, Mc Graw Hill International Edition
Saleh, Abbas (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Widyoko. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hasibuan. 2005.Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Sweeney,P.D., & McFarlin, D.B. (2002). Organizational Behavior: Solution for Management. New York : McGraw Hill
Refbacks
- There are currently no refbacks.