MANAJEMEN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING STUDI KASUS SMK NEGERI 1 KEBUNTEBU LAMPUNG BARAT
Abstract
This study aimed to BK service management at SMK Negeri 1 Kebun Tebu include planning, organizing, implementing, and monitoring. Qualitative research methods descriptive phenomenology management implementation guidance and counseling services. The results showed Planning BK program based on the analysis of the needs of students and the environment, organizing coordinator officer BK done by agreement between teacher guidance and counseling. Implementation of activities refer to the activity units and units of service support activities according to the program made incidental implemented without any special lesson hours of guidance and counseling. Supervision results of the services performed by recording the agenda of the daily and weekly then poured in monthly reports to evaluate the fit between planning program created by the implementation of the activities carried out and to report the semester and annual reports to be reported to the principal within the framework of the follow-up activities that need to be improved and developed ,
Penelitian ini bertujuan mengetahui manajemen layanan BK di SMK Negeri 1 Kebun Tebu meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Metode penelitian deskriptif kualitatif fenomenologi penerapan manajemen layanan bimbingan dan konseling. Hasil penelitian menunjukan Perencanaan program BK berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa dan lingkungan, Pengorganisasian petugas dilakukan koordinator BK berdasarkan kesepakatan antar guru bimbingan dan konseling. Pelaksanaan kegiatan mengacu pada satuan kegiatan layanan dan satuan kegiatan pendukung sesuai program yang dibuat dilaksanakan secara insidental tanpa adanya jam pelajaran khusus bimbingan dan konseling. Pengawasan hasil layanan dilakukan dengan pencatatan agenda kegiatan harian dan mingguan kemudian dituangkan dalam laporan bulanan untuk evaluasi kesesuaian antara perencanaan program yang dibuat dengan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan serta membuat laporan semester dan tahunan untuk dilaporkan kepada kepala sekolah dalam rangka tindak lanjut kegiatan yang perlu diperbaiki dan dikembangkan
Kata kunci : bimbingan dan konseling, manajemen
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu. 2011. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Emzir,2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta. Rajawali Pers
Gibson, Robert L dan Marianne H. Mitchell. 2011. Bimbingan dan konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen. Edisi kedua, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
Hikmat. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Juntika, Nurihsan, 2012. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kartadinata, Sunaryo. 2000. Bimbingan di Sekolah Dasar. Depdikbud Dirjen PT. Bandung
Moleong J.Lexy, 2011, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Prayitno. 2014. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.
Parson 1951. Principles of Guidance and Pupil Personnel Work. New York: McGraw-Hill Book Company
Sugiyo, 2012. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah Semarang: Widya Karya.
Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Terry, George R. 2003. Prinsip-prinsip Manajemen, Jakarta : PT. Bumi Aksara
Thohirin, 2013. Bimbingan dan Konseling disekolah dan madrasah(Berbasis Integrasi). Rajawali Pers-Jakarta.
Usman, Husaini. 2014. Manajemen (Teori dan Riset Pendidikan). Bumi Aksara Jakarta
Winkel. W.S., & M.M. Sri Hastuti. 2012. Bimbingan dan konseling di Institusi Pendidikan. Media Abadi, Yogyakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.