IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSIF

Nofita Sari Astanu, Sowiyah Sowiyah, Irawan Suntoro

Abstract


This study aimed to analyze, describe and evaluate of Inclusive Education Program Implementation in SMAN 2 Metro. This study used qualitative approach. Techniques of collecting data were interviewing, observations and documentations. Analysis data techniques used data interactive type of Miles and Hubbermans theories. The results of study were (1). Contact; implementation of Inclusive Education Program referred Metro Mayors rules related to Implementation of Inclusive Education Program. (2). Input; a. Students were able to do behavior modification, b. mastered of concept and learning activity process for blind, deaf, intellectual disorder, parts of body and movement disorder, behavior and social disorder. (3). Process; Implementation of Inclusive Education Program could not be separated with modification curriculum as a support for this program. It can be concluded that process of supplying infrastructures were run well but the process of this implementation did not run well yet.

Penelitian ini bertujuan menganalisis, mendeskripsikan dan mengevaluasi pengimplementasian program pendidikan inklusif di SMAN 2 Metro. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik mengumpulkan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan pola interaktif data Miles dan Hubberman. Hasil penelitian diperoleh adalah (1). Contact: Pelaksanaan pendidikan inklusi di SMAN 2 Metro mengacu pada peraturan Walikota Metro tentang penyelenggaraan pendidikan inklusi. (2). Input: a. Anak mampu melakukan modifikasi perilaku, b. menguasai konsep dan kenterampilan pembelajaran bagi anak yang mengalami gangguan penglihatan, pendengaran, intelektual, anggota tubuh dan gerak, perilaku dan sosial. (3) Process: Proses penyelenggaraan program pendidikan inklusi tidak terlepas dari kurikulum yang dikembangkannya sebagai pendukung terlaksananya pendidikan inklusi. Bisa disimpulkan bahwa proses pengadaan sarana dan prasarana berjalan dengan lancar akan tetapi proses penyelenggaraan belum berjalan dengan maksimal.

Kata kunci: implementasi, model CIPP, program pendidikan inklusif, studi evaluatif

Full Text:

PDF

References


Bogdan, R.C., & Biklen, S.K.B. 1998. Qualitative Research for Education to Theory and Methods. Allyn and Bacon, Inc. Boston.

Burhan & Bungin. 2008. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta. Jakarta.

Direktorat PSLB. 2007. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Dirjendikdasmen.

Foreman. 2002. Participant Observation.New York: Holt, Rinehart and Winston.

Mercer. 1983. Qualitative Data Analysis: A Source Book of New Methods. Beverly Hills. Sage Publication.

Miles, BM. & Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Penerjemah Rohadi,R.T. Universitas Indonesia. Jakarta.

Mohammad, Takdir Ilahi. 2013. Manajemen Pendidikan Inklusif: Konsep, Kebijakan dan Implementasinya dalam perspektif pendidikan luar biasa. Makalah tidak diterbitkan. Bandung: Jurusan PLB FIP UPI.

Moleong, L.J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Ridjaluddin 2008. Pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Penerbit Prenada Media Group.

Santrock, Jhon W. 2009. Support networks for inclusive schooling: Interdependent Integrated Education. Baltimoe: Paul. H. Brookes.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.