EKSPEKTASI GURU TERHADAP PROGRAM PENGEMBANGAN PROFESI

Sriwiyana Sriwiyana, Bujang Rahman, Alben Ambarita

Abstract


This study aims to determine the expectations of teachers to professional development programme in: 1) planning; 2) organizing; 3) the implementation; and 4) monitoring conducted in MI Miftahul Jannah and MI Al-Munawarroh city of Bandar Lampung. This study uses a phenomenological approach to qualitative descriptive research. The method chosen was purposive sampling, with interviews and documentation as data collection techniques. Results of this research were: 1) Expectations of teachers to plan has not met the expectations; 2) Expectations of teachers to the organization has not fully met the expectations; 3) Expectations of teachers to the execution has not met expectations; and 4) Expectations of teachers to supervisory teacher professional development program has not met expectations because the teachers are not evaluated directly, supervisors lesser role in the evaluation, and there has been no follow-up.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harapan guru untuk program pengembangan profesional dalam: 1) perencanaan; 2) pengorganisasian; 3) pelaksanaan; dan 4) monitoring yang dilakukan di MI Miftahul Jannah dan MI Al-Munawarroh Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis, deskriptif kualitatif. Metode yang dipilih adalah purposive sampling, dengan wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah: 1) Harapan guru dalam rencana program belum memenuhi harapan; 2) Harapan guru untuk organisasi program belum sepenuhnya memenuhi harapan; 3) Harapan guru untuk eksekusi program belum memenuhi harapan; dan 4) Harapan guru untuk program pengembangan profesional guru pengawas belum memenuhi harapan karena para guru tidak dievaluasi secara langsung, supervisor peran lebih rendah dalam evaluasi, dan belum ada tindak lanjut.

Kata kunci: ekspektasi guru, program pengembangan profesi, profesi guru, implementasi


Full Text:

PDF

References


Ambarita, Alben. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandar Lampung: Universitas lampung.

Moller & Wagner. 2011. Effective Evaluation. Fransisco U.S.A: Jossey Bass Publisher

Hamalik, Oemar. 2001.Pengembangan SumberDaya Manusia Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Miles, B.M. & Hubberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif, Penerjemah Rohadi. Bandung: P.T. Rosdakarya.

Moleong, Lexy. 2010. Metode Penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahman, Bujang. 2013. Rekonstruksi Paradigma Pendidikan untuk Memperkuat Karakter Bangsa Melalui Implementasi Kurikulum 2013. Bandar Lampung: Universitas lampung.

Rahman, Bujang. 2014. Aplikasi Manajemen 3E Dalam Pengembangan Profesionalitas Guru. Bandar Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

Samani, Muchlas. 2012. Profesionalisasi Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.

Sauri, S. 2010. Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembinaan Profesionalisme Guru Berbasis Pendidikan Nilai. Makalah Sarasehan Nasional Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa oleh Kopertis Wilayah 3 DKI Jakarta, 12 Januari 2010.

Sugiyono. 2011, Metode Penelitian Pendidikan(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: C.V Alfabeta.

Suyatno. 2009. Pengembangan Profesionalisme Guru 70th Abdul Malik Fajar. Jakarta: Uhamka Press

Tilaar, H.A.R. & Nugroho, Riant. 2008. Kebijakan pendididikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Usman, Husaini. 2008. MANAJEMEN Teori Praktik & Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.