IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSIF
Abstract
This study aimed to analyze, describe and evaluate of Inclusive Education Program Implementation in SMA Negeri 2 metro. This study used qualitative approach by using phenomenology theory. The type of study was evaluative by using CIPP Model. Techniques of collecting data were interviewing, observations and documentations. The results of study were (1). Contact; implementation of Inclusive Education Program referred Metro Mayors rules and rules related to Implementation of Inclusive Education Program. (2). Input; a. Students were able to do behavior modification, b. mastered of concept and learning activity process for blind, deaf, intellectual disorder, parts of body and movement disorder, behavior and social disorder. (3). Process; Implementation of Inclusive Education Program could not be separated with modification curriculum as a support for this program. (4). Product; Implementation of this program has main purposed to keep cooperation among public and private departments, society, parents, entrepreneurs, societys leader, and stakeholders.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, menjelaskan dan mengevaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusif di Senior Public SMA 2 metro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teori fenomenologi. Jenis penelitian adalah evaluatif dengan menggunakan CIPP Model. Teknik pengumpulan data yang mewawancarai, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah (1). Kontak; Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusif disebut aturan dan peraturan yang berkaitan dengan Implementasi Program Pendidikan Inklusif Metro Walikota. (2). Memasukkan; a. Siswa mampu melakukan modifikasi perilaku, b. menguasai konsep dan aktivitas belajar proses buta, tuli, gangguan intelektual, bagian tubuh dan gangguan gerakan, perilaku dan gangguan sosial. (3). Proses; Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusif tidak dapat dipisahkan dengan kurikulum modifikasi sebagai dukungan untuk program ini. (4). Produk; Pelaksanaan program ini bertujuan untuk menjaga kerja sama negeri dan swasta, masyarakat, orang tua, pengusaha, tokoh masyarakat, dan pemangku kepentingan.
Kata kunci: implementasi, model CIPP, program pendidikan inklusif, studi evaluatif
Full Text:
PDFReferences
Bogdan, R.C., & Biklen, S.K.B. 1998. Qualitative Research for Education to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
Burhan & Bungin. 2008. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Direktorat PSLB. 2007. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Dirjendikdasmen.
Foreman. 2002. Participant Observation. New York: Holt, Rinehart and Winston
Mercer. 1983. Qualitative Data Analysis: A Source Book of New Methods. Beverly Hills: Sage Publication
Moleong, L.J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Miles, BM. & Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Penerjemah Rohadi,R.T. Jakarta: Universitas Indonesia.
Mohammad, Takdir Ilahi. 2013. Manajemen Pendidikan Inklusif: Konsep, Kebijakan dan Implementasinya dalam perspektif pendidikan luar biasa. Makalah tidak diterbitkan. Bandung: Jurusan PLB FIP UPI.
Ridjaluddin 2008. Pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi. jakarta: Prenada Media Group.
Santrock, Jhon W. 2009. Support networks for inclusive schooling: Interdependent Integrated Education. Baltimoe: Paul.H.Brookes.
Refbacks
- There are currently no refbacks.