Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Bernyanyi Lagu Daerah Di Sma Negeri 3 Martapura Dalam Perspektif Graham Wallas

Nadia Kartika, Riyan Hidayatullah, Hasyimkan Hasyimkan

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan mengenai kreativitas siswa pada pembelajaran bernyanyi lagu daerah di SMA Negeri 3 Martapura dalam perspektif Graham Wallas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan secara lebih detail mengenai sebuah kejadian. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperkuat data hasil penelitian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kreativitas mencakup strategi pembelajaran, dan proses pembelajaran dalam bernyanyi lagu daerah. Hasil yang diperoleh bahwa kegiatan pembelajaran bernyanyi lagu daerah terbagi kedalam dua tahapan pembelajaran yaitu materi dan praktik. Setiap proses pembelajaran yang dilakukan merupakan bagian dari proses kreativitas. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kreativitas siswa pembelajaran bernyanyi lagu daerah dapat ditemui pada keempat proses kreativitas, namun peran guru dalam mengarahkan dan meningkatkan kreativitas sangat penting.

 

Kata Kunci: Kreativitas, Strategi Pembelajaran, Lagu Daerah.

 

ABSTRACT

 

This research aims to know and describe the creativity of students in learning to sing folk songs at SMA Negeri 3 Martapura in the perspective of Graham Wallas. Graham Wallas' perspective. This research uses descriptive qualitative descriptive qualitative research method that aims to explain in more detail about an event. Data collection techniques used in this. The data collection techniques used in this research are observation, interviews, and documentation to strengthen the research data. The theory used in this research is that creativity includes learning strategies, and the learning process in singing folk songs. The results obtained that the learning activities of singing folk songs are divided into two stages of learning, namely material and practice. practice. Every learning process carried out is part of the creativity process. Based on the results obtained, it can be concluded that student creativity in learning to sing folk songs can be found in all four creativity processes. However, the role of the teacher in directing and improving creativity is very important.

 

Keywords: Creativity, Learning Strategy, Singing Regional Songs.

Full Text:

PDF

References


Bauer, W. I. (2020). Music Learning Today (2nd Ed.). Oxford

University Press.

Danuri., Maisaroh, S. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Penerbit Samudra Biru.

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif (1st Ed.). CV. Pustaka Ilmu.

Haudi. (2021). Strategi Pembelajaran (1st Ed.). Insan Cendikia Mandiri.

Hidayatullah, R. (2020). Kreativitas Dalam Pendidikan Musik: Berpikir Divergen Dan Konvergen Creativity In Music Education: Thinking Divergent And Convergent. MUSIKOLASTIKA, 2(1), 1–7.

Munandar, U. (1999). Kreativitas Dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif Dan Bakat (2nd Ed.). Gramedia Pustaka Utama.

Odena, O. (2012). Musical Creativity: Insights From Music

Education Research. Ashgate. Peraça, M. D. G., & Montoito, R. (2023). Criatividade E Pensamento Criativo: Um Estudo Prático Sobre Os Modelos De Wallas E Hadamard. Zetetike, 31, 1–17. Https://Doi.Org/10.20396/Zet.V31i00.8671675

Rohidi, T. R. (2011). Metodologi Penelitian Seni (10th Ed.). Cipta Prima Nusantara.

Sadler-Smith, E. (2015). Wallas’ Four-Stage Model Of The Creative Process: More Than Meets The Eye? Creativity Research Journal, 27(4), 342– 352. Https://Doi.Org/10.1080/10400419.2015.1087277

Saipi, M., Firmansyah, F., & Firmansyah, D. (2022). Pembelajaran Menyanyikan Lagu Daerah Menggunakan Metode Drill Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Muara Kulam. Indonesian Research Journal On Education, 3(1), 96–102. Https://Doi.Org/10.31004/Irje. V3i1.157

Setiaji, D. (2020). Paradigma Pembelajaran Musik. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 692–697. Https://Doi.Org/10.35568/Nat uralistic.V5i1.909

Sugiarto, E. (2019). Kreativitas, Seni, Dan Pembelajaran (1st Ed.). Lkis.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Penedekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Alfabeta.

Suryati, S. (2016). Strategi Pembelajaran Seni Musik Bagi Siswa Kelas Xii Sma Muhammadiyah 2 Yogyakarta Dengan Media Audio Visual. Promusika, 4(2), 75–83. Https://Doi.Org/10.24821/Pro musika.V4i2.2275

Tsubonou, Y., Tan, A.-G., & Oie, M. (Eds.). (2019). Creativity In Music Education. Springer Singapore. Https://Doi.Org/10.1007/978-981-13-2749-0

Wallas, G. (1926). The Art Of Thought. Solis Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


mpo1121

klik4d

klik4d