Penggunaan Ableton Live dalam Proses Kreatif Lagu Elegi Sijobang Karya Sako Serikat

Dhewantara Mahdayu Erlangga, Agung Hero Hernanda, Bian Pamungkas

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana proses kreatif Sako Serikat dalam penciptaan dan produksi lagu yang berjudul Elegi Sijobang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu untuk mendeskripsikan hasil yang didapatkan pada saat penelitian di lapangan. Data-data yang diperoleh pada saat penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu salah satu grup musik yang berasal dari Bandar Lampung yaitu Sako Serikat. Adapun penelitian ini menggunakan konsep dari Cuadrado. Pada konsep dari Cudrado ini menjelaskan tentang pengaruh penggunaan DAW atau Digital Audio Workstation dalam pembuatan karya musik yang meliputi informasi pribadi, penggunaan sumber daya dan alat serta proses kreatif komposisi. Untuk menganalisis data yang diperoleh dari penelitian, peneliti menggunakan teknik analisis data antara lain pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu dalam proses penciptaan karya, Sako Serikat menentukan dan menyatukan ide-ide dari masing-masing anggota kemudian menentukan konsep garapan musik. Pada saat produksi karya, Sako Serikat menggunakan salah satu software musik yaitu DAW atau Digital Audio Workstation. Salah satu DAW atau Digital Audio Workstation yang digunakan oleh Sako Serikat dalam produksi karya yaitu Ableton Live..

 

Kata kunci : ableton live, elegi sijobang, proses kreatif musik.

 

Abstract

The purpose of this research is to understand the creative process of Sako Serikat in the creation and production of the song titled "Elegi Sijobang." This research employs a descriptive qualitative research method to describe the findings obtained during field research. The data was collected through interviews, observations, and documentation. The subject of this research is a music group from Bandar Lampung, namely Sako Serikat. This research uses the concept of Cuadrado. Cuadrado's concept explains the influence of using DAW or Digital Audio Workstation in music creation, including personal information, the use of resources and tools, and the creative composition process. To analyze the data obtained from the research, the researcher used data analysis techniques, including data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The result of this research shows that in the process of creation, Sako Serikat determines and unifies the ideas of each member, then decides on the music arrangement concept. During the production process, Sako Serikat uses music software, namely DAW or Digital Audio Workstation. One of the DAWs used by Sako Serikat in their production is Ableton Live.

 

Keywords: ableton live, elegi sijobang, music creative process


Full Text:

PDF

References


Arifin, I. (2020). The Development of the Home Recording Industry in the City of Padang Panjang. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 22(2), 69–82.

Banoe, Pono. (2003). Kamus Musik. KANISIUS: Yogyakarta.

Cuadrado, Francisco José. (2015). The use of sequencer tools during the composition process: A field study. Journal of Music Technology and Education. 8(1):55

Dewi, O. S. S.A.F., & Muhammad, Rio Maulana. (2021). Proses Rekaman Talkshow Dan Live Music BandExtreme Moshpit Tv. Jurnal Visual Ideas.1(2), 80-88.

Effendy. (2018). Asesmen Dalam Desain Media Pembelajaran Berbasis Audio Digital (Daw) Untuk Mengatasi Hambatan Belajar Anak Down Syndrome Pada Kelas Musik Di Puspa Terang Nusantara. Skripsi. Universitas Pasundan. Kebudayaan, 022, 1–47.

Friadi, F. (2014). Prosedur Teknis Penggunaan DAW Untuk Lagu “Cinta Itu Buta” Oleh Grup Mahadewa. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia

Harahap, Irwansyah. (2019). Merangkai Warna Eksplorasi Laras “Pelog”dalam Permainan ‘Oud Arabis Berbasis Garapan “World Music”. Melayu Arts and Performance Journal. 2(2). 149-158.

Pramuditya, Puput., & Putra Hananta, Arya. (2023). Proses Produksi Musik pada Lagu Tyok Satrio di Studio DS Records. Journal of Music Science, Technology,and Industry. 6(1). 79-96.

Rajawali, Yesaya Abdiel. (2016). Komparasi Penggunaan Aplikasi Nuendo 4 dengan Adobe Audition CS 5.5 V4.0 dalam Teknik Rekaman Audio Digital di Capo Record Yogyakarta. Journal Student UNY. 5(5), 1-12.

Setiawan, Hari. (2020). Penggunaan Software Musik Fruity Loops Dalam Pertunjukan Musik (Troya Band). Skripsi. Pekanbaru. Universitas Islam Riau

Sinaga, Lastor Pindo. (2019). Perkembangan Musik Digital dan Pengaruhnya Terhadap Shenology Music di Kota Medan. Skripsi. Universitas HKBP Nommensen Medan.

Sonjani, C. C., & Harwanto, D. C. (2022). Proses Pembuatan dan Fungsi Sequencer dalam Aransemen Musik Ibadah di Petra Community Church Semarang. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 5(2), 147–165.

Suleman, Dajani., dkk. (2023). Improving The Ability Of Listening To Short Stories Using Recording Media In Elementary School Student. NOVATEUR PUBLICATIONS: JournalNX- A Multidisciplinary Peer Reviewed Journal, 9(6), 300-3015.

Syahbandi, Rami., Mering, Aloysius., & Yery Silaban, Chiristianly. (2019). Studi Proses Penciptaan Karya Musik Oleh Mahasiswa Program Studi Seni Tari dan Musik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 18(3), 1-8.

Yudhistira, I Gede Raditya. (2021). Pentagram: Komposisi Musik Hibrid dengan Konsep Modulasi Berbentuk Pentagram. Journal of Music Science, Technology, and Industry. 4(2), 279-292.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


mpo1121

klik4d

klik4d