Proses Pembelajaran Vokal Dengan Menggunakan Youtube Sebagai Sumber Belajar Di Kelas VII SMPN 1 Sumberejo

Hafid Khoiruddin, Afrizal Yudha Setiawan, Prisma Teja Permana

Abstract


Abstrak

Youtube merupakan media sosial yang memungkinkan para penggunanya untuk mengunggah video, menonton berbagai konten video, serta berbagi video sehingga dapat diakses oleh berbagai orang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran vokal dengan menggunakan Youtube sebagai sumber belajar di kelas VII SMPN 1 Sumberejo. Data yang dikumpulkan berupa data deskriptif kualitatif tentang proses pembelajaran vokal dengan menggunakan Youtube sebagai sumber belajar di kelas, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian berupa sumber data primer yaitu hasil observasi dan wawancara, dan sumber data sekunder berupa hasil dokumentasi dan data arsip sekolah. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu guru seni budaya dan peserta didik kelas VII A SMPN 1 Sumberejo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran vokal dengan menggunakan Youtube sebagai sumber belajar di kelas VII SMPN 1 Sumberejo meliputi tiga tahapan proses pembelajaran yaitu : 1) Tahap perencanaan, 2) Tahap Pelaksanaan, 3) Tahap Evaluasi. Proses pembelajaran vokal dengan menggunakan Youtube sebagai sumber belajar menjadi salah satu bentuk inovasi dan terobosan baru dalam dunia pendidikan.

Kata kunci : Proses Pembelajaran, Vokal, Youtube, Sumber Belajar.

 

Abstract

Youtube is a social media platform that allows users to upload videos, watch various video content, and share videos so they can be accessed by various people. This study aims to describe how vocal learning processes occur using Youtube as a learning source in class VII of SMPN 1 Sumberejo. The data collected consists of qualitative descriptive data about the vocal learning process using Youtube as a source in the classroom, using data collection techniques such as observation, interview, and documentation. Data sources for the study include results of observation and interview as rimary data, documentation and school archives as the secondary data. The informants in this study are the art teacher and students of class VII A SMPN 1 Sumberejo. The results of this study indicate the vocal learning process using Youtube in the class VII SMPN 1 Sumberejo includes three stages : 1) Planning stage, 2) Implementation stage, 3) Evaluation Stage. Vocal learning using Youtube as a learning source is considered as one of the innovations and new breakthroughs in the field of education.

 

Keywords: Learning Process, Vocal, Youtube, Learning Resources.


Full Text:

PDF

References


Dimyati, D., & Mudjiono, M. (2016). Belajar dan Pembelajaran (5th ed.). Jakarta : PT Rineka Cipta.

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443.

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. 5(1).

Khadijah, K. (2013). Belajar Dan Pembelajaran (1st ed.). Citapustaka Media.

Paramita, R. (2020). Merdeka Belajar dalam Pendidikan Seni untuk Meningkatkan Kreativitas. Universitas Negeri Surabaya, 157–162.

Pardede, B., & Silaban, M. M. (2022). Teknik Vokal Solo dalam Menyanyikan Lagu Be Still My Soul Karya Katharina Von Schelegel pada Semester V di Program Studi Pendidikan Musik Gereja IAKN Tarutung. Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen, 20(1), 55–66.

Pramudyo, A. (2023). Pemanfaatan Media MPEG-Layer 3 (MP3) Dalam Proses Pembelajaran Notasi Balok Di SMA Xaverius Bandar Lampung.

Sahnan, A., & Wibowo, T. (2023). Arah Baru Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 4(1), 29–43. https://doi.org/10.30762/sittah.v4i1.783.

Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 534–538.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 1(1), 99–103.

Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal of Civic Education, 2(4), 313–323. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.135.

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Uwais Inspirasi Indonesia.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sujarwo, S., Santi, F. U., & Tristanti, T. (2018). Pengelolaan Sumber Belajar Masyarakat.

Yuniar, R. H., & Umami, N. R. (2023). Implementasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka SMP Negeri 1 Rejotangan. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 786–795. https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.730.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


mpo1121

klik4d

klik4d