Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Musik Di SMPN 2 Umpu Semenguk

Willy Sujatmiko, Riyan Hidayatullah, Prisma Teja Permana

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa dalam pembelajaran musik, serta untuk memahami proses pembelajaran musik di UPT SMPN 2 Umpu Semenguk. Metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif digunakan, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas sekolah dalam mendukung pembelajaran musik masih kurang optimal, dan adanya siswa yang kurang tertarik terhadap materi pembelajaran. Pembelajaran musik dianggap terlalu banyak mencatat dan kurang praktik. Praktik yang dapat dilakukan dalam pembelajaran musik hanya bernyanyi. Meskipun begitu, keterlibatan siswa dalam pembelajaran musik belum optimal, terutama terlihat dari kurangnya perhatian dan fokus siswa saat guru menjelaskan materi. Namun, penggunaan media pembelajaran seperti video dan audio terbukti efektif dalam meningkatkan ketertarikan siswa. Kesimpulannya, minat belajar siswa dalam pembelajaran musik dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk kualitas pengajaran, variasi metode pembelajaran, dan ketersediaan fasilitas. Faktor sosial guru menjadi yang paling berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran musik, karena keseuaian metode dengan materi yang akan diajarkan menjadi aspek penting dalam menentukan ketertarikan siswa dalam belajar.

Kata kunci : Minat, Belajar, Musik.

 

Abstract

This research aims to explore the factors that influence students' interest and observe the process of learning music at UPT SMPN 2 Umpu Semenguk. This research was conducted in a qualitative method with a descriptive approach. The data were obtained from observation of the learning process and interviews with students, teachers and parents. The result shows that school ought to improve the facilities in supporting music learning. Half of the students have lack of interest in learning music, because it is considered to have excessive note-taking and lack of practice. Singing is the only feasible practice in learning music. However, students’ participation in the learning process are less optimal, it can be seen from the students’ insufficient attention and focus during the teacher’s explanation. On the other hand, the use of learning media such as video and audio was proven to be effective in improving students’ interest. In conclusion, students' interest in learning music is influenced by numerous factors including the quality of teaching, learning methods variations, and the facilities availability. The teacher's social aspect is the most influential factor on students' interest in learning music, hence the compatibility of the method and learning material is a crucial aspect in determining students' interest in learning.

Keywords: Interest, Learning, Music.


Full Text:

PDF

References


Abdika, Y., Arham, M. A., & Sudirman, S. (2019). Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 1(2).

Destrinelli, D., & Wijayanti, M. N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Menyanyikan Lagu Wajib Nasional dengan Metode Solfegio Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 159–175.

Dewantara, K. H. (1977). Pendidikan. Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Hidi, S. (1990). Interest And Its Contribution As a Mental Resource For Learning. Review Of Educational Research, 60(4), 549–571.

Hidi, S., & Renninger, K. A. (2006). The Four‐Phase Model Of Interest Development. Educational Psychologist, 41(2), 111–127.

Jamalus. (1998). Musik Dan Praktik Buku Sekolah Pendidikan Guru. CV. Titik Terang.

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Quadrant.

Kartono, K. (1996). Psikologi Umum. Mandar Sari.

Matondang, A. (2018). Pengaruh Antara Minat Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 24–31.

Miski, R. (2015). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa. Ta’dibi, 4(2), 69–73.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128.

Rahadi, A. (2003). Media Pembelajaran. Dep. Pendidikan Nasional.

Ruhimat, T. (2010). Prosedur Pembelajaran. Universitas Pendidikan Indonesia.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2020). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Terbaru. PT Remaja Rosdakarya.

Usman, U. (2013). Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya.

Wicaksono, H. Y. (2009). Kreativitas Dalam Pembelajaran Musik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1, 1–12.

Zhu, P., & St. Amant, K. (2010). An Application of Robert Gagné’s Nine Events of Instruction to the Teaching of Website Localization. Journal of Technical Writing and Communication, 40(3), 337–362.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


mpo1121

klik4d

klik4d