Pembelajaran Gamelan Menggunakan Notasi Balok di Sanggar Seni Karawitan Surya Pradangga Pajar Mataram

Oktavianus Verdy Ananta, Agung Hero Hernanda, Hasyimkan Hasyimkan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini memiliki rumusan masalah, yaitu bagaimana proses pembelajaran Gamelan menggunakan notasi balok di sanggar seni Karawitan Surya Pradangga. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari pembimbing dan beberapa peserta didik yang ada di sanggar seni Karawitan Surya Pradangga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berasal dari hasil observasi, wawancara dan dokumen, kemudian melakukan analisis data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan Gamelan menggunakan notasi balok di sanggar seni Karawitan Surya Pradangga menunjukan bahwa proses pembelajaran menggunakan notasi balok dilaksanakan dengan 4 proses tahapan kegiatan yaitu, persiapan, penyampaian, pelatihan, dan penampilan. Pada tahapan pertama yaitu persiapan kegiatan yang dilakukan pembina dan peserta didik mempersiapkan Gamelan yang akan digunakan dalam proses pembelajaran, serta berdoa sebelum memulai pembelajaran. Tahapan kedua yaitu penyampaian kegiatan yang dilakukan adalah pembina memberikan materi pembelajaran mulai dari dasar hingga pada inti pembelajaran diantaranya sikap duduk, cara memukul, cara membaca notasi balok, dan cara memainkan sebuah lagu. Proses selanjutnya adalah pelatihan dimana pembina secara langsung memberikan contoh kepada masing-masing peserta didik bila mengalami kesulitan. Proses yang terakhir adalah penampilan, seluruh peserta didik akan menampilkan atau membawakan lagu secara utuh yang telah dipelajari.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, Gamelan, dan Notasi Balok.

 

Abstract

The problem in this study was how the process of learning Gamelan using block notation in the Karawitan Surya Pradangga art studio is. This study used a descriptive qualitative method. The obtained data were from supervisors and several students in the Surya Pradangga Karawitan art studio. Data collection techniques in this study were observations, interviews, and documentation, then the data was analyzed, presented, and concluded. The result of the study showed that there are four stages of activity in the learning process using block notation: preparation, delivery, training, and performance. The first stage is preparation. In the first stage, coaches and students prepare Gamelan to be used in the learning process and pray before starting learning. The second stage is delivery. The coach provides learning material from the basics to the core of learning including sitting posture, how to hit, how to read block notation, and how to play a song. The third stage is training. In the third stage, the coach directly gives an example to each student when experiencing difficulties. The fourth stage is performance. In the fourth stage, all students show or perform the complete song they have learned.

 

Keywords: Learning, Gamelan, and Music Symbol Notation.

Full Text:

PDF

References


Anazitun, L. N., & Msi, M. P. (2017). Ekstrakurikuler Karawitan Di SDN Palur 02 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Arsana, I.K (2021). “Pembelajaran Teknik Dasar Bermain Gamelan Gong Kebyar di Sanggga Batur Sari Desa Batuan Sukawati Gianyar”

Aswari, A., Putri, F. A., Nur, I., Nuraini, N., & Maulany, S. C. (2022). Upaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali dalam Meningkatkan Industri Gamelan di Era New Normal. Review of Accounting and Business, 3(1), 95-102.

Asmara, D. A. (2020). Aplikasi Pengenalan Alat Musik Gamelan Jawa. TRANSFORMASI, 16(1).

Metalingua, (2020). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 31-34.

Nasution, T., Siregar, A. R., Tumanggor, E. R., Heriadi, M., & Jannah, R. (2021). Sejarah Pendidikan Luar Sekolah (PLS) di Indonesia. Mudabbir (Journal Research And Education Studies), 1(2), 38-51.

Iswantoro, G. (2018). Kesenian Musik Tradisional Gamelan Jawa Sebagai Kekayaan Budaya Bangsa Indonesia. Journal of Applied Science Tourism, 3(1), 129-143.

Ramadhani, M. (2016). Upaya Peningkatan Kemampuan Bermain Pianika Dalam Ekstrakurikuler Pianika Menggunakan Metode Dalcroze Di SMP Muh 7 Yogyakarta. Pend. Seni Musik-S1, 5(2).

Soeharjo, A.J. (2012). Pendidikan Seni : Strategi Penataan dan Pelaksanaan Seni. Bayumedia Publishing. hal 19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


mpo1121

klik4d

klik4d