Metode Pembelajaran Piano pada Ekstrakurikuler Piano Klasik Di SMA Immanuel Bandar Lampung

Reni Rentauli br Hutauruk

Abstract


Abstrak

Kegiatan Ekstrakurikuler Piano Klasik merupakan salah satu kegiatan Ekstrakulikuler yang bergerak dalam bidang seni musik di SMA Immanuel Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik melalui proses pembelajaran pada kegiatan Ekstrakurikuler Piano Klasik di SMA Immanuel Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif . Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Sumber data primer atau data yang diperoleh dari narasumber. Sumber data sekunder sebagai data pendukung dari data primer berupa dokumen-dokumen pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima metode pembelajaran yang digunakan pendidik dalam proses pembelajaran Piano yaitu metode demonstrasi, metode drill, metode ceramah, metode tanya jawab, metode pemberian tugas, serta pendidik menerapkan cara mengajar dengan bermain duet bersama peserta didik. Metode pembelajaran tersebut diperoleh melalui proses pembelajaran Piano pada Ekstrakurikuler Piano Klasik meliputi, (1) tahap perencanaan yang terdiri atas mempersiapkan tujuan, jadwal pembelajaran materi dan metode pembelajaran (2) tahap pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan pedahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup dan (3) tahap evaluasi.

 

Kata kunci:metode pembelajaran, ekstrakurikuler, piano klasik

 

 

Abstract

Classical Piano Extracurricular activities are one of the Extracurricular activities that are engaged in the field of music at SMA Immanuel Bandar Lampung. This study aims to describe the learning methods used by educators through the learning process in Classical Piano Extracurricular activities at SMA Immanuel Bandar Lampung. This research was conducted using qualitative research methods. Data collection techniques are observation, interviews, and documentation. The data sources used are primary and secondary. Primary data sources or data obtained from informants. Secondary data sources as supporting data from primary data in the form of supporting documents. The results of this study indicate that there are five learning methods used by educators in the piano learning process, namely the demonstration method, the method drill, lecture method, question and answer method, method of giving assignments, and educators apply teaching methods by playing duet with students. The learning method is obtained through the Piano learning process in the Classical Piano Extracurricular including, (1) the planning stage which consists of preparing objectives, learning schedule material and learning methods (2) the implementation stage which consists of preliminary activities, core activities and closing activities and (3 ) evaluation stage.

Keywords:learning method, extracurricular, classical piano

Full Text:

PDF

References


Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal SAP, 1(2), 167.

Astuti, Y. (2017). Pengaruh Metode Drill dan Metode Bermain Terhadap Keterampilan Bermain Bola Voli Mini (Studi Eksperimen pada siswa SD Negeri 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tengah Kota Padang). Al Ibtida, 4(1), 12

Djollong, A. F. (2017). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik. Isriqra', IV(2), 123.

Nasution, D. W. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 03(2), 337.

Sahroni, D. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Bimbingan Konseling, 1, 115.

Saputra, A. A., Kadir, T. H., & Syahrel. (2013). Minat Siswa terhadap Musik : Studi Kegiatan Ekstrakulikuler di SMP Negeri 8 Padang. E-Jurnal Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang, 2(1), 38.

Sukohardi , D. (2017). Teori Musik Umum. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Suryati, & Widodo, T. W. (2020). Sight Singing sebagai Strategi Pembelajaran Instrumen Piano di Prodi Pendidikan Musik ISI Yogyakarta. Jurnal Resital, 21(2), 103.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


mpo1121

klik4d

klik4d