Pembelajaran Serdapan di Ekstrakurikuler Musik SMP Negeri 22 Bandar Lampung

Septian Dwi Putra, Bian Pamungkas, Erizal Barnawi

Abstract


Abstrak

Provinsi Lampung memiliki potensi kebudayaan yang sangat besar, dimulai dari permainan musik serta keberadaan instrumennya. Dari beberapa instrumen musik yang berbeda di Provinsi Lampung, penelitian ini berfokus kepada instrumen Serdapan serta pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Serdapan pada ekstrakurikuler musik SMP Negeri 22 Bandar Lampung, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan hasil observasi penelitian yang hadir berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menggunakan teori Amri sebagai acuan, peneliti menemukan kecocokan secara garis besar terhadap pembelajaran Serdapan yakni Guru membagi tiga tahapan pembelajaran dengan kegiatan awal, inti, dan akhir serta evaluasi pembelajaran. Ditemukan juga penggunaan media, materi metode dan evaluasi pembelajaran yang beragam serta kegiatan pembelajaran yang cukup baik, terlihat dari kegiatan pembelajaran yang menarik dan keaktifan peserta didik.

 

Kata kunci: Ekstrakurikuler, Pembelajaran, Serdapan.

 

Abstract

Lampung Province has enormous cultural potential, starting from playing music and the existence of its instruments. From several different musical instruments in Lampung province, the research focused on Serdap instruments and their learning. This study aimed to describe the tambourine learning in music extracurricular activities at SMP Negeri 22 Bandar Lampung, using a descriptive research method with the results of observations of the researchers present in the form of interviews, documentatation and descriptions. Using Amri’s theory as reference, the researchers found an outline fit for Serdapan learning, namely the teacher divided into three stages of learning with beginning, core, final activities and learning evaluation. It was also found that the use of varios learning methods and learning activities wew quite good, as seen from the interesting larning activities and the activeness of the students.

Keywords: Extracurricular, Learning, Serdapan.

Full Text:

PDF

References


Agung Dwi Putra, R. F. (2021). Silabel Ritmis Dalam Pembelajaran Musik. 161-170.

Aritonang, S. R. (2017). Strategi Pembelajaran Piano Klasik Di Lembaga Kursus Pendidikan Flow Music Medan. http://repository.uhn.ac.id/, 1-18.

Dasopang, A. P. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Vol. 03 No. 2 Desember 2017, 333-352.

Hidayatulah, R. (2022). Tradisi Musik Orang Lampung. BRIN, Jakarta. ISBN 978-623-8052-25-7. 30 Desember 2022.

I G. Ayu Rai, K. Y. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Beberapa Metode Pembelajaran Inovatif. Volume 6 No.2 September. 2017, 180 -193.

Indonesia, B. (2017). Asal usul alat musik rebana dan daerah asalnya. Diambil kembali dari budaya indonesia: http://budaya-indo.com/asal-usul-alat-musik-rebana-dan-daerah-asalnya

Kaslan. (2019). Seni Rebana Dan Nilai-Nilai Islam Di Desa Sinar Palembang Lampung Selatan. 1-68.

Lailiyah, I. (2020). Pembelajaran Ekstrakurikuler Rebana Untuk Merangsang Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini di RA PSM Kanigoro Kras Kediri. Vol. 3, No. 1, April 2020, 11-22.

Lana, I. (2022). Bentuk Pertunjukan Tari Sung-sung Di Pekon Padang Cahya Kabupaten Lampung Barat. 1-82.

Majid, A. (2014). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Remaja Rosdakarya.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Vol. 11, No. 1, 2017; ISSN 1978-8169, 9-16.

Pengertian notasi musik. (2019). Diambil kembali dari AgungE.com: https://www.agunge.com/2015/06/pengertian-notasi-musik.html

Rika Mustika Sari, R. R. (2021). Pembelajaran Ekstrakurikuler Qasidah Rebana di Madrasah Diniyah Al-Fathonah Kota Tasikmalaya. Vol. 8, No. 1 (2021) 208-218, 208-218.

Rizal, W. I. (2019). Meningkatkan kemampuan siswa dalam permainan rebana menggunakan metode pembelajaran drill SMASS Mujahidin Pontianak. Vol. 8, No 3, 2019, 3, 1-9.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorintasi Standar Proses Pendidikan. Pranada Media.

Santoso, F. S. (2020, Agustus). Adaptasi Instrumen Keyboard Pada Kesenian Rebana Walisongo Sragen. 1-83.

Sepdwiko, D. (2020). Pembelajaran Musik Ansambel Rebana . Jurnal Laga-Laga, Vol. 6 , No. 1, Maret 2020, 31-45.

Tama, P. A. (2020). Metode Discovery Based Learning Sebagai Model pembelajaran musik di SMP 1 Karangpandan. 1-8.

Wafa, A. F. (2020). Strategi Pembelajaran Ekstrakurikuler Rebana di RA Nahdlatus Shibyan Jepara. Vol. 5 No. 1 Maret 2020, 67-79.

YogaFaristiawan. (2012, october). penulisan not balok.

Yuni, Q. F. (2016). Kreativitas Dalam Pembelajaran Seni Musik Di Sekolah Dasar: Suati Tinjauan Konseptual.. Vol. 4, No 1, 2016, 56-77.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


mpo1121

klik4d

klik4d