Proses Pembelajaran Gitar dengan Aplikasi Chord Analyzer pada Kegiatan Ekstrakulikuler di SMAN 1 Kalirejo

Fani Indra Permana, Afrizal Yudha Setiawan, Agung Hero Hernanda

Abstract


ABSTRAK

 

Chord analyzer adalah sebuah aplikasi pembelajaran instrument musik khususnya gitar dan piano yang digunakan sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini membahas tentang proses pembelajaran gitar dengan aplikasi chord analyzer pada kegiatan ekstrakulikuler di SMAN 1 Kalirejo. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pembelajaran gitar menggunakan aplikasi chord analyzer menggunakan tiga tahap berjalan dengan lancar. Hal tersebut terlihat dari hasil akhir yang dipresentasikan oleh siswa, siswa mampu merealisasikan hasil interpretasi yang sudah mereka dapatkan dengan menggunakan tiga tahap yaitu tahap pra instruksional, tahap intruksional dan tahap evaluasi dan tindak lanjut. Serta dikombinasikan dengan model cooperative learning, demonstrasi, tutor sebaya, dan ceramah. Siswa mampu mengimplementasikan chord yang ada difikirannya kepada gitarnya masing – masing. selain itu pembina menjadi lebih mudah dalam mengajarkan materi dan memberikan arahan secara terstruktur.

 

Kata kunci : proses pembelajaran, chord, hasil pembalajaran

 

ABSTRACT

 

A chord analyser is an application used for learning musical instruments, mainly the guitar and piano. This research discussed the guitar learning process with chord analyser application in Senior High School 1 Kalirejo’s extracurricular activities. The study’s findings demonstrated that the three-stage guitar learning process using the chord analyser application functioned smoothly. This was evident from the final results presented by students; students could realise the results of the interpretation they obtained through three stages: pre-instruction, instruction, evaluation and follow-up. In addition, they were complemented by cooperative learning models, demonstrations, peer tutors, and lectures. Students could execute the chords they envision on their respective instruments. In addition, it becomes simpler for the coach to teach the material and provide direction in a structured manner.

 

Keywords: learning process, chords, learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Dengan Trianggulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal teknologi pendidikan. Vol 10,(1)

Bahri, M. R., Zakiyah, H., Nurfarida, E. (2015) Pembelajaran Chord Gitar Berbasis Android. Jurnal Informatika dan Multimedia. Vol. 07, (1)

Fikri, K., Samino, S. R. I. (2019). Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Gitar Di Era Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. Vol.6 (2).

Gani, G. S. (2019). Penggunaan model kooperatif pada Pembelajaran seni musik di SMK Negeri 1 Bawen. Skripsi Universitas Negri Semarang. Hal 39.

Lestari, L ., Syai, A., Ramdiana. (2019). Proses Pembelajaran Gitar Akustik Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di Smp Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala Vol 4, (3).

Roffiq, A., Qiram, I., Rubiono, G. (2017). Media Musik Dan Lagu Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol 2, (2)

Setiawan , M. A. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Universitas muhamadiyah palangkaraya. Buku Cetak 2017.

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Bisnis. Pendekatan Kuantitatif, kualitaitf, kombinasi, dan R&D. Penerbit Alfabeta: Bandung.

Wahyuni, S., Kadir T. H., Toruan, J. L. Penerapan metode tutor sebaya pada pembelajaran Seni musik di SMAN 4 muara bungo E-Jurnal Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang. Vol 2 No 1 2013 Seri B.

Yuthsi, A., Fenty, A. (2016). Aplikasi Tuner Gitar Berbasis Android Untuk Membantu Dalam Bermain Dan Menyetel Gitar. EXPLORE : Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia, Dan Informasi). Vol 6, (2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


mpo1121

klik4d

klik4d