Minat Siswa Terhadap Musik Tradisional di SMA Negeri 2 Bandar Lampung
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor minat musik tradisional di SMA Negeri 2 Bandar Lampung. dan mendeskripsikan minat siswa terhadap musik tradisional. Adapun jenis metode penelitian deskriptif kuantitatif yang menggambarkan tentang masalah yang diteliti dan dijelaskan melalui fakta yang terlihat dan data tersebut diperoleh dari hasil penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Bandar Lampung yang berjumlah 92 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian, yaitu dengan kuisioner sebagai sumber data primer, observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai data sekunder guna mendukung hasil penelitian. Data yang dihasilkan melalui teknik analisa data kuantitatif dengan perhitungan rata-rata (mean=M) dan persentase (%). Hasil penelitian yang dilakukan menggunakan kuisioner menunjukkan bahwa minat siswa terhadap ekstrakurikuler musik tradisional di SMA Negeri 2 Bandar Lampung terbagi menjadi beberapa kategori. Kategori Sangat Baik menunjukkan sebanyak 1 anggota atau 1% responden, kategori Baik menunjukkan sebanyak 31 anggota atau 34% responden, kategori Cukup menunjukkan sebanyak 51 anggota atau 55% responden, dan kategori Kurang Baik menunjukkan sebanyak 9 anggota atau 10% responden. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sebagian besar siswa di SMA Negeri 2 Bandar Lampung menunjukan minat yang cukup, yaitu 51 anggota atau 55% terhadap ekstrakurikuler musik tradisional.
Kata kunci: minat, ekstrakurikuler, musik tradisional.
Abstract
This study aims to determine the factors of interest in traditional music at SMA Negeri 2 Bandar Lampung. and describe students' interest in traditional music. As for the type of quantitative descriptive research method that describes the problem being studied and explained through visible facts and the data obtained from the research results. The source of the data in this study were 92 students of SMA Negeri 2 Bandar Lampung. The data collection techniques used in this study, namely the questionnaire as the primary data source, observation, interviews, and documentation as secondary data to support the research results. Data generated through quantitative data analysis techniques by calculating the average (mean=M) and percentage (%).The results of research conducted using a questionnaire show that students' interest in traditional music extracurriculars at SMA Negeri 2 Bandar Lampung is divided into several categories. The Very Good category shows 1 member or 1% of respondent, the Good category shows 31 members or 34% of respondents, the Fair category shows 51 members or 55% of respondents, and the Poor category shows 9 members or 10% of respondents. Based on the results of research that has been carried out, most students at SMA Negeri 2 Bandar Lampung show sufficient interest, namely 51 members or 55% in extracurricular traditional music.
Keyword : interest, extracuricculars, traditional music.
Full Text:
PDFReferences
Barnawi, Erizal, dkk. 2021. Pelatihan Alat Musik Talo Balak Lampung pada Forum Karang Taruna Palapa Tiyuh Panaragan untuk Mengiringi Tarian Sigeh Penguten sebagai Prosesi Penyambutan Tamu-Tamu Agung di Tiyuh Panaragan Kabupaten Tulang Bawang Barat. Bandar Lampung: Sumbangsih, Volume (2), 2021, 126-137.
Dewi, W. A. F. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Fitriah, dkk. 2018. Analisus Unsur Musikal Lagu Asshola dalam Tradisi Kompang di Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. Riau: Jurnal Koba Vol 5, No.1.
Hasyimkan, dkk. 2020. Kajian Syair pada Warahan Klasik Tentang Gamolan Instrumen Musik Tradisional Lampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Khoiriyah, N., & Sinaga, S. S. 2017. Pemanfaatan Pemutaran Musik Terhadap Psikologis Pasien pada Klinik Ellena Skincare di Kota Surakarta. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Parwati, dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok. Rajawali Pers.
Pratiwi, D. I., & Ubaedillah, U. 2021. Digital Vocabulary Class in English for Railway Mechanical. Teaching English with Technology.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.
Sugianto, A., & Ulfah, N. 2020. Construing The Challenges and Oppurtunities of Intercultural Language Teaching Amid Covid-19 Pandemic. English Teachers’ Voices. Journal of English Language Teaching and Linguistics.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelejaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenedamedia Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.