PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM BERMAIN GAMOLAN PADA EKSTRAKURIKULER MUSIK DI SMKS MUHAMMADIYAH 1 KOTA AGUNG

Muhammad Maulana Yusuf, Prisma Teja Permana, Agung Hero Hernanda

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam bermain gamolan pada ekstrakurikuler musik tradisional di  SMKS Muhammadiyah 1 Kota Agung, dengan berdasarkan pada ketiga unsur dalam konsep penerapan yaitu 1) adanya program, 2) adanya kelompok sasaran, 3) adanya pelaksanaan. Metode yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi dan dianalisis menggunakan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Demonstrasi dalam bermain Gamolan pada eksrakurikuler musik di SMKS Muhammadiyah 1 Kota Agung sudah sesuai dengan unsur – unsur dalam konsep penerapan yaitu adanya program kegiatan yang dilaksanakan oleh SMK Muhammadiyah 1 Kota Agung, adanya sasaran yaitu siswa-siswa dan adanya pelaksanan kegiatan ekstrakurikuler. Hal ini dilihat dari perkembangan belajar siswa-siswi yang saat ini lebih mudah dalam memahami pembelajaran alat musik gamolan karena dapat melihat langsung prosesnya.

Kata Kunci: Penerapan, Metode Demonstrasi, Gamolan

Abstract

This sutdy aimed to find out how to apply the demonstration method in playing Gamolan in traditional music extracurricular at SMKS Muhammadiyah 1 Kota Agung, based on the three elemnts in the concept of application, namely 1) the existence of a program, 2) the existence of a target group, 3) the implementation. The method used is a type of qualitative research with data collection techniques of observation, interviews, and documentation and analyzed using 3 stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The result showed that the application of the Demonstration method in playing Gamolan on extracurricular music at SMKS Muhammadiyah 1 Kota Agung was in accordance with the elements in the concept of application, namely the exitance of an activity program which carried out by SMKS Muhammadiyah 1 Kota Agung, the existence of targets, namely students and the implementation extracurricular activies. It could be seen from the learning development of students, who aare currently easier to understand learning Gamolan musical instrument because they could see the process directly.

 

Keywords: Application, Demonstration Method, Gamolan.

Full Text:

PDF

References


Bagus, P. (2021). Pengembangan Kreativitas Anak Dalam Bermain Musik Melalui Metode Demonstrasi Di Tk Al Ilyas Desa Babalan Tahun 2020/2021 . 10-15.

Rita, N. (2014). Metode Pembelajaran Alat Musik Keyboard Pada Anak Penyandang Tunanetra Di Yaketunis Yogyakarta. 80-81.

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


mpo1121

klik4d

klik4d