PEMBELAJARAN GAMBUS DI SANGGAR KUMBANG MAKHGA DESA TALANG PADANG KECAMATAN TALANG PADANG KABUPATEN TANGGAMUS
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana proses pembelajaran Gambus di Sanggar kumbang Makhga Desa Talangpadang Kecamatan Talangpadang Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Gambus di Sanggar kumbang Makhga Desa Talang Padang Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh oleh tetua adat, ketua sanggar dan anggota Sanggar Kumbang Makhga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses pembelajaran Gambus di sanggar Kumbang Makhga Desa Talang Padang Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus meliputi berbagai komponen pembelajaran diantaranya yaitu tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi. Secara umum tujuan pembelajaran Gambus adalah untuk melestarikan alat musik Tradisional Lampung, serta mampu menghidupkan jiwa rasa ingin tahu pada anak remaja untuk mempelajari alat musik Gambus agar pada masa yang akan mendatang generasi muda bisa memainkan alat musik Gambus secara baik dan benar, supaya dimasa yang akan mendatang alat musik Gambus tetap eksis dan tidak hilang. Materi yang diajarkan meliputi Slimpat Mata Sipit, Slimpat Umbak Moloh dan Lagu. Metode yang digunakan adalah metode demonstrasi yang dimana pelatih mencontohkan lalu murid menirukan. Media pembelajaran yang digunakan adalah Sound System dan Handphone. Teknik evaluasi pembelajaran yang digunakan adalah mempresentasikan lagu secara individu dan secara bersama-sama.
Kata Kunci : Pembelajaran, Gambus, Sanggar Kumbang Makhga
Abstract
This study aims to determine the learning process of Gambus in the Makhga Beetle Studio, Talang Padang Village, Talang Padang District, Tanggamus Regency. This study aims to describe the learning process of Gambus in the Makhga Beetle Studio, Talang Padang Village, Talang Padang District, Tanggamus Regency. This type of research is descriptive qualitative. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. Sources of data obtained by traditional elders, head of the studio and members of the Sanggar Kumbang Makhga. Data collection techniques used are interviews, observation and documentation. Gambus learning process in the Beetle Makhga studio, Talang Padang Village, Talang Padang District, Tanggamus Regency includes various learning components including objectives, materials, methods, media, and evaluation. In general, the purpose of learning Gambus is to preserve traditional Lampung musical instruments, and be able to revive the curiosity of teenagers to learn Gambus musical instruments so that in the future the younger generation can play Gambus musical instruments properly and correctly, so that in the future In the future, Gambus musical instruments will still exist and will not disappear. The materials taught include Slimpat Slanted Eyes, Slimpat Umbak Moloh and Songs. The method used is a demonstration method in which the trainer gives an example and then the students imitate. The learning media used are Sound System and Mobile. The learning evaluation technique used is to present the songs individually and together.
Keywords: Learning, Gambus, Studio Kumbang MakhgaFull Text:
PDFReferences
Mustofa. 2011. Pendidikan Nonformal, (Bandung: Alfabeta.
Sagala, S. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.
Sanjaya. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Bandung: Kencana
Refbacks
- There are currently no refbacks.