UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN PIANIKA MELALUI PENERAPAN ETUDE PIANO CZERNY PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TARI UNIVERSITAS LAMPUNG

Afrizal Yudha Setiawan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keterampilan bermain pianika melalui penerapan etude piano Czerny. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan tari FKIP Universitas Lampung yang menempuh mata kuliah teori dasar musik, sebanyak 41 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan 2 siklus. Masing-masing siklus teridiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan mahasiswa dalam bermain pianika. Nilai rata-rata kelas dari siklus I sebesar 64.76 meingkat menjadi 82.32 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan jumlah mahasiswa yang telah memenuhi nilai KKM dengan nilai tuntas minimum sebesar 70. Pada siklus I mahasiswa yang tuntas KKM sebanyak 10 orang (24.39%), sedangkan pada siklus II mahasiswa yang tuntas KKM sebanyak 30 orang (73.17%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan etude piano Czerny dalam pembelajaran pianika dapat meningkatkan keterampilan seorang individu. Dengan demikian, materi etude piano Czerny dapat diajukan sebagai salah satu bahan materi dalam pembelajaran musik.

 

Kata Kunci : Etude Piano Czerny, Pianika, Peningkatan Keterampilan

 

 

Abstract

This study aims to determine the improvement of piano playing skills through the application of the Czerny piano etude. The subjects involved in this study were students of the dance education study program, FKIP, University of Lampung who took the basic theory of music courses, as many as 41 people. The research method used is a class action research method (Classroom Action Research) with 2 cycles. Each cycle consists of stages of planning, action, observation, and reflection. The results showed that there was an increase in students' skills in playing the piano. The average value of the class from the first cycle was 64.76 which increased to 82.32 in the second cycle. Based on the results of the study, there was an increase in the number of students who had met the KKM score with a minimum passing grade of 70. In the first cycle, 10 students completed the KKM (24.39%), while in the second cycle, 30 students (73.17%) completed the KKM. Thus, it can be concluded that the application of Czerny piano etude in learning piano can improve the skills of an individual. Thus, Czerny's piano etude material can be proposed as one of the materials in music learning.

 

Keywords: Czerny Piano Etude, Pianika, Skill Improvement

Full Text:

PDF

References


Andriyanto, Genta Kurnia. 2018. Konsep Pembelajaran Piano: Sebuah Sumbangsih Pemikiran. Jurnal Tonika Vol. 1, No.1, Halaman 51-64.

Hovey, Nilo W. TIPPS For Band. Melville, New York: Belwin Mills.

Putra, Zakarias Aria Widyatama. 2017. Upaya Peningkatan Keterampilan Sight Reading Mahasiswa PIM IV Piano melalui Penerapan Program Super Sight-Reading Secret di Jurusan Pendidikan Seni Musik FBS UNY. Jurnal Pendidikan Seni Musik Volume 6, Nomor 4, Hal 277-285.

O’Connor, K.A., Greene, H.C., Anderson, P.J. 2014. Action Research: A Tool For Improving Teacher Quality And Classroom Practice. Artikel Ilmiah. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/234749663 pada tanggal 2 April 2020 pukul 11.35 WIB.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


mpo1121

klik4d

klik4d