PENGARUH FAKTOR USIA TERHADAP MINAT DAN KEMAMPUAN GURU PPKN DALAM PENGGUNAAN TIK
Abstract
The aim of this research was to explain the influence of age factors toward the interest and the ability of civics education teachers in the use of information technology and communication. This research used descriptive quantitative method. The sample of this research were 23 respondents. The data analysis used Chi quadrate and data collecting technique also used interviews and documentation as supportive technique. The result of this research showed that: (1) there was significant influence, with strong clinging category among age factor towards the interest of civics education teachers in the use of information technology and communication , (2) there was significant influence with mid clinging category among age factor in the ability of civics education teachers in the use of information technology and communication.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor usia terhadap minat dan kemampuan guru PPKn dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 23 responden. Analisis data menggunakan Chi Kuadrat dan teknik pengumpulan data menggunakan angket serta teknik penunjang menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang signifikan, dengan kategori keeratan kuat antara faktor usia terhadap minat guru PPKn dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, (2) terdapat pengaruh yang signifikan, dengan kategori keeratan sedang antara faktor usia terhadap kemampuan guru PPKn dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Kata kunci: faktor usia, minat guru, kemampuan guru, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, teknologi informasi dan komunikasi
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Djaka. 2004. Rangkuman Ilmu Mendidik. Jakarta: Mutiara Jakarta.
Hurlock, E. 1998. Children language acquasition. Journal of social psychology & personality. Volume. 09. Num. 23. November. Washington DC: American
Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Kementerian Negara Riset dan Teknologi. 2006. Buku Putih. Penelitian Pengembangan dan Penerapan IPTEK Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahun 2005-2025. Jakarta: Kementerian Negara Riset dan Teknologi.
Nursalam, 2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian dan Keperawatan. Jakarta: Salmeba Medika.
Sinaga, A.M dan Hadiati, S. 2001. Pemberdayaan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.