PENGARUH PARTISIPASI SISWA BELUM TUNTAS TERHADAP KEBERHASILAN REMEDIAL SMA PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG

Eka Sapradinata, Hermi Yanzi, Yunisca Nurmalisa

Abstract


The aim of this research to find out the influence of partisipation student was not reached in PPKn lesson towards remedial in twelve grade of natural science at SMA Perintis 2 Bandar Lampung in academic year 2014/2015. The medthode of this research used descriftif kuantitatif methode. The sampel of this research was 41 student, the analysis data of used Chi Kuadrat. The result of the research is : (1). the influence partisipations of student was dominant in partisipation category with percent was 66%, (2). The remedial achievement was dominant in achievement category with percent was 68%, (3). The result of the research was indicate that there is significant of the influence of student have not reached in PPKn lesson towards remedial achievement, it means the partisipation of student when their studied allow to achievement the students in remedial learning.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi siswa yang belum tuntas dalam pelajaran PKn terhadap keberhasilan remedial dikelas XII IPA SMA Perintis 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel berjumlah 41 responden.Teknik pokok pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi langsung. Teknik analisis data menggunakan rumus chi kuadrat. Berdasarkan hasil peneitian yang dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara partisipasi siswa yang belum tuntas dalam pelejaran PKn terhadap keberhasilan remedial dikelas XII IPA SMA Perintis 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015.

Kata kunci: belajar tuntas, partisipasi, remedial


Full Text:

PDF Untitled

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Dalyono, M. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiyono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. 2010. Guru Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Dwiningrum, S. I. A. 2011. Desentralisai dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Fakihuddin. 2007. Pengajaran Remedial dan Pengayaan. Jayapura : Bayu Media

Fuad. 2008. Begini Seharusnya Menjadi Guru. Jakarta : Darul Haq.

Mustakim, W. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Sobri, M. S. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Malang : Prospect.

Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.