STUDI TENTANG PEMAHAMAN GURU TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL MATA PELAJARAN PPKn

Sirun Atora, Hermi Yanzi, Berchah Pitoewas

Abstract


The objective of this study was to investigate the teachers understanding on the implementation of remedial programs in PPKn subject in SMA Negeri 1 Kedondong Kabupaten Pesawaran in Academic Year 2014/2015. The method used in this research was descriptive qualitative with research subjects were all PPKn teacher in SMA Negeri 1 Kedondong. To synthesize the data of this study was using the technique of interview, observation and documentation of the test credibility was using source criticism and triangulation. The result of this research was the understanding of teachers on the implementation of remedial programs PPKn subjects in SMA Negeri 1 Kedondong was good enough. It could be seen from some answers regarding remedial teacher. Remedial the learning activities repetition of material that was the difficulty students during the test or exam.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru terhadap pelaksanaan program remedial mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Kedondong Kabupaten Pesawaran Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan analisis penelitian deskriptif dan subjek penelitian adalah semua guru PPKn yang ada di SMA Negeri 1 Kedondong. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi dengan uji kredibilitas menggunakan kritik sumber dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah pemahaman guru terhadap pelaksanaan program remedial mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Kedondong sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa jawaban guru mengenai remedial. Remedial merupakan kegiatan pembelajaran pengulangan materi-materi yang menjadi titik kesulitan peserta didik pada saat tes atau ujian.

Kata kunci: pelaksanaan remedial, pemahaman guru, tujuan dan fungsi remedial.


Full Text:

PDF

References


Ihsan, Fuad. 2011. Dasa Dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Jamaris, Martini. 2014. Kesulitan Belajar. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kunandar. 2009. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers.

Margono, S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kesuma, Tubagus Ali Rahman Puja. 2010. Faktor-Faktor Penyebab Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Remedial Pada Mata Pelajaran PPKn Semester Ganjil Kelas IX Di SMP Negeri 01 Punggur Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2009/2010. Universitas Lampung. (tidak diterbitkan).

Rachmatami, Amelia Ayu. 2012. Studi Tentang Tingkat Pemahaman Orang Tua Terhadap Laporan Hasil Belajar (LHB) Peserta Didik SMK Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Universitas Lampung. (tidak diterbitkan).

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wiyogo, Yulis. 2010. Studi Tentang Kemampuan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Penyusunan Bahan Ajar Di SMA Perintis 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Universitas Lampung. (tidak diterbitkan).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.