PENGARUH PARTISIPASI SISWA BELUM TUNTAS TERHADAP KEBERHASILAN REMEDIAL SMA PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG
Abstract
The aim of this research was to find out the influence of student partisipation was not reached in PPKn lesson towards remedial in twelve grade of natural science at SMA Perintis 2 Bandar Lampung in academic year 2014/2015.The method of this research use was descriptive method with quantitative approach. The sampel of this research was 41 student. Data analysis technique Chi Kuadrat. The result of the research were : (1). the influence partisipations of student was dominant in partisipation category with percent was 66%, (2). The remedial achievement was dominant in achievement category with percent was 68%, (3). The result of the research was indicate that there is significant of the influence of student have not reached in PPKn lesson towards remedial achievement, it means the partisipation of student when their studied allow to achievement the students in remedial learning.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi siswa yang belum tuntas dalam pelajaran PKn terhadap keberhasilan remedial dikelas XII IPA SMA Perintis 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel berjumlah 41 responden.Teknik pokok pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi langsung. Teknik analisis data menggunakan rumus chi kuadrat. Hasil peneitian menunjukan bahwa: (1) pengaruh partisipasi siswa dominan pada kategori berpartisipasi dengan persentase 66%, (2) keberhasilan remedial dominan pada kategori berhasil dengan persentase 68%, (3) hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan dengan kategori kuat antara pengaruh partisipasi siswa yang belum tuntas dalam pelajaran PPKn terhadap keberhasilan remedial, artinya semakin berpartisipasinya siswa saat belajar memungkinkan semakin berhasilnya siswa dalam pembelajaran remedial.
Kata kunci: belajar tuntas, partisipasi, remedial
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Dalyono, M. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Dimyati, Mudjiyono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Djamarah, Saiful Bahri. 2010. Guru Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.
Dwiningrum, Siti Irene Astuti. 2011. Desentralisai dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Fakihuddin. 2007. Pengajaran Remedial dan Pengayaan. Jayapura : Bayu Media
Fuad. 2008. Begini Seharusnya Menjadi Guru. Jakarta : Darul Haq.
Mustakim, Wahid. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Sobri, M. Sutikno. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Malang : Prospect.
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.