PEMBENTUKAN MORAL SISWA DI MTs. SA RAUDLATUL HUDA AL-ISLAMY SIDOMULYO TAHUN 2013/2014

Ade Yoga Pradana, Irawan Suntoro, Hermi Yanzi

Abstract


This research aims to describe and analyze the forming of student moral in MTs. SA Raudlatul Huda Al-Islamy Sidomulyo year 2013/2014. As for being analyzed is student background, effort forming of student moral and formed of student moral characteristic. The method of this research is descriptive method with qualitative approach. Type of this research is evaluative research. Data collecting technique use interview, observation and documentation. Data analysis technique use Interactive Model Analysis. Based on the result of this research which have been done, it can be seen that effort forming of student moral influenced by student background from economic aspect, culture and social. Then effort forming of student moral in the school is with effort giving of religion values, insertion of moral value in every lesson, and also with effort teacher’s example, so that formed of character value that is honest value, discipline, holding responsible, tolerance and also environment care.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembentukan moral siswa di MTs. SA Raudlatul Huda Al-Islamy Sidomulyo tahun 2013/2014. Adapun yang dianalisis adalah latar belakang siswa, usaha pembentukan moral siswa dan karakteristik moral siswa yang dibentuk. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Interactive Model Analysis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa upaya pembentukan moral siswa dipengaruhi oleh latar belakang siswa dari aspek ekonomi, budaya dan sosial. Kemudian upaya pembentukan moral siswa di sekolah adalah dengan upaya pemberian nila-nilai agama, penyisipan nilai moral pada setiap pelajaran, serta dengan upaya keteladanan guru, sehingga nilai karakter yang terbentuk yaitu nilai jujur, disiplin, bertanggung jawab, toleransi serta peduli lingkungan.

Kata kunci : moral, pembentukan moral siswa, siswa

Full Text:

PDF

References


Adisusilo, Sutarjo. 2013. Pembelajaran Nilai-Karakter. Jakarta: Rajawali Pers.

Budiningsih, Asri. 2004. Pembelajaran Moral (Berpijak pada Karakteristik Siswa dan Budayanya). Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Hastuti, Dwi. 2004. Pendidikan Karakter: Paradigma Baru dalam Pembentukan Manusia Berkualitas. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Muryono, Sigit. 2011. Empati, Penalaran Moral dan Pola Asuh Telaah Bimbingan Konseling. Jakarta: Mitra Setia.

Ruminiati. 2007. Modul Pendidikan Kewarganegaraan SD: untuk Program S1 PJJ. Jakarta: Dirjen Dikti, Depdiknas R.I.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.